Tekno

5 Cara Merawat Pengisi Baterai HP di Motor 

Hendi Firdaus

Posted on 30 Dec 2021

LAKEYBANGET.COM - Berbagai macam fitur telah ditanamkan pada produk-produk terbaru seiring dengan kemajuan teknologi.

Seperti sepeda motor yang awalnya hanya dapat ditunggangi untuk berpindah tempat, sekarang sudah memiliki beragam teknologi canggih. Sehingga memudahkan penggunanya dalam beraktivitas, meski di tengah perjalanan.

Salah satu fitur yang tersemat pada motor masa kini adalah pengisian baterai handphone. Mengingat telepon genggam sudah menjadi menu wajib bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama di kota besar.

Hampir semua orang memiliki smartphone atau telepon pintar, sehingga akan mengganggu aktivitas jika gawai tersebut mati karena kehabisan baterai. Oleh sebab itu pabrikan motor menyematkan elektrik power socket di produknya.

Sehingga dapat memudahkan pengguna motor yang ingin mengisi daya baterai telepon genggamnya meski di tengah perjalanan. Sebelumnya fitur tersebut hanya dimiliki mobil, namun saat ini tersedia di beberapa motor matik.

Biasanya posisi power outlet tersebut berada di dashboard yang bisa dibuka tutup untuk mengamankan gadget saat melakukan pengisian, atau dari kondisi cuaca. Namun mesi sudah terutup fitur itu bisa saja rusak tanpa diketahui pemiliknya.

Maka diperlukan perawatan yang tepat agar lubang yang dapat mengalirkan daya listrik itu bisa terus digunakan. 

Berikut 5 cara merawat fitur tersebut, berdasarkan keterangan resmi Yamaha.

1. Pastikan Electric Power Socket selalu dalam kondisi bersih mencegah debu masuk kedalam yang menyebabkan penyumbatan arus listrik.

2. Selalu tutup Electric Power Socket untuk mencegah korosi karena air yang masuk saat hujan atau mencuci motor. Yamaha Gear 125 memiliki Electric Power Socket dengan penutup karet untuk menghindari air yang dapat menyebabkan korsleting listrik dan memutus sekring. 

3. Rutin membersihkannya, dengan cara di semprot menggunakan angin kompresor dengan tekanan rendah

4. Selalu gunakan USB charger kit sesuai spesifikasi motor. Pada motor Yamaha Gear 125, dapat menggunakan USB charger kit dengan daya maksimum 12 volt dan arus 2 ampere agar dapat berfungsi normal.

5. Sebagai perlindungan, hindari memasang perangkat elektronik di luar spesifikasi apalagi sampai merubah jalur kelistrikan, normal-nya jika terjadi korsleting maka sekring akan memutus arus secara otomatis