Tekno

Apple Pangkas Produksi iPhone 13 Tahun Ini

Fachri Septian

Posted on 03 Dec 2021

LAKEYBANGET.COM - Apple berencana akan memproduksi 90 unit Iphone 13. Karena kekurangan chip dan kurang lakunya gadget ini, raksasa teknologi yang berkantor pusat di Cupertino, Amerika Serikat itu memangkas target produksi sebanyak 10 juta unit. 

Meski demikian, diharapkan kurangnya ketersediaan suku cadang ini tak berlangsung hingga tahun depan. 

Adapun pihak Apple juga telah memberi tahu pemasok komponennya bahwa mereka mungkin tidak memesan unit sebanyak yang direncanakan sebelumnya. 

CEO Apple Tim Cook sebenarnya telah memperingatkan dampak dari kendala pasokan itu pada Oktober lalu. Kejadian ini pun merugikan perusahaan sebesar US$ 6 miliar (Rp 85,5 triliun) dalam penjualan kuartal keempat. 

“Akan lebih buruk pada musim liburan, bahkan ketika permintaan untuk jajaran produk baru kuat,” sebutnya. 

Pada musim liburan, sebelumnya para analis memperkirakan peningkatan penjualan 6 persen dalam tiga bulan terakhir tahun kalender. Namun, hal itu masih belum seperti yang dibayangkan Apple. 

Selain itu, kekurangan dan keterlambatan pengiriman juga telah membuat frustrasi banyak orang, baik konsumen maupun pengecer. Alhasil beberapa di antaranya berhenti untuk mendapatkan iPhone 13, yang menyebabkan penurunan permintaan.  

Akibat hal ini konsumen kemungkinan akan melewatkan iPhone 13, tapi bisa saja akan mengincar iPhone 14 tahun depan saat diluncurkan. 

Konsumen penilaian terhadap iPhone 13 yang dianggap memberi upgrade kecil dari iPhone 12, kemudian ponsel generasi berikutnya diharapkan membawa beberapa perbaikan besar.