Olahraga

Bali United Hajar Persija Jakarta, Marco Simic Gagal Penalti

Hendi Firdaus

Posted on 25 Nov 2021

LAKEYBANGET.COM - Bali United berhasil menghajar Persija Jakarta pada pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2021-2022 dengan skor tipis 1-0 yang berlangsung di Stadion Manahan, Kota Solo, Kamis (25/11/2021) 

Kemenangan skuad Serdadu Tridatu diciptakan melalui gol semata wayang penyerang Ilija Spasojevic pada menit ke-26.

Sebetulnya, skuad Macan Kemayoran mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan jelang menit akhir. Sayangnya, kesempatan ini gagal dimaksimalkan dengan sempurna.

Permainan yang diperagakan Persija Jakarta dan Bali United berlangsung dengan tempo yang cepat sejak sepak mula digelar.

Kedua tim belum bisa mengembangkan permainan dengan leluasa. Sebab, kedua kubu sama-sama menerapkan tekanan yang cukup ketat.

Peluang pertama skuad Macan Kemayoran tercipta pada menit kelima. Marco Motta mendapat umpan terobosan dari Riko Simanjuntak di sisi kanan.

Pemain asal Italia itu langsung melepaskan sepakan keras tanpa mengontrol bola. Namun, bola masih jatuh di pelukan kiper Bali United, Nadeo Argawinata.

Serdadu Tridatu nyaris saja membuka keunggulan pada menit ke-12. Umpan matang Eber Bessa sukses jatuh di kaki Ilija Spasojevic yang berdiri tanpa pengawalan.

Sayangnya, sepakan penyerang asal Montenegro ini masih mampu ditepis oleh Andritany Ardhiyasa dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

Fadil Sausu dan kawan-kawan sebetulnya mampu mengamankan dominasi penguasaan bola hingga pertengahan babak pertama.

Namun, dominasi Bali United belum berbanding lurus dengan penciptaan peluang. Pertahanan Persija juga masih tampil disiplin dan solid untuk menahan gempuran serangan.

Menginjak menit ke-26, upaya anak asuh Stefano Cugurra untuk memecah kebuntuan pada pertandingan ini akhirnya membuahkan hasil.

Umpan silang yang dikirimkan oleh Ricky Fajrin dari sisi kiri sukses disambut dengan tandukan oleh Spaso. Untuk sementara, gol ini membawa Persija unggul 1-0 atas Bali United.

Setelah unggul satu gol, dominasi Serdadu Tridatu masih belum mampu dipatahkan oleh Riko Simanjuntak dan kawan-kawan.

Mereka terus mengurung pertahanan skuad Macan Kemayoran. Namun, beberapa peluang yang tercipta masih gagal dikonversi menjadi gol.

Hingga babak pertama berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta. Bali United sukses mempertahankan keunggulan 1-0 atas Persija Jakarta.

Memasuki babak kedua, Persija Jakarta mulai memperlihatkan agresivitas mereka. Tertinggal satu gol membuat Macan Kemayoran meningkatkan intensitas serangan.

Skema build-play yang diperagakan anak asuh Angelo Alessio mulai berjalan. Persija berhasil mendapatkan ritme permainan untuk memecah kebuntuan.

Sementara itu, Bali United memilih bermain menunggu. Mereka menerapkan pertahanan yang ketat untuk menahan laju serangan Persija.

Sesekali, skuad Serdadu Tridatu melancarkan skema serangan balik untuk membalas serangan. Namun, skema ini belum mampu berjalan efektif.

Persija Jakarta terus menerus mengurung pertahanan Bali United untuk mencetak gol penyama kedudukan.
Intesitas serangan skuad Macan Kemayoran terus berada di level puncak karena mereka berupaya untuk memangkas defisit gol.

Akan tetapi, dari sejumlah upaya yang dilancarkan Riko Simanjuntak dan kawan-kawan masih belum mampu membuahkan hasil.

Pada menit ke-89, Bali United nyaris saja menggandakan keunggulan. Namun, aksi impresif Andritany di bawah mistar gawang masih menjadi penyelamat Persija Jakarta.

Memasuki menit ke-90, Persija Jakarta mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol penyama kedudukan lewat titik putih.

Marko Simic yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti pada pertandingan ini gagal menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Eksekusinya dari titik 12 pas  masih mampu dihalau oleh Nadeo Argawinata.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Bali United.

Daftar Susunan Pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa; Novri Setiawan, Maman Abdurahman, Yan Motta, Marco Motta; Tony Sucipto, Rohit Chand, Braif Fatari; Osvaldo Haay, Marko Simic, Riko Simanjuntak

Pelatih: Angelo Alessio

Bali United (4-3-3): Nadeo Argawinata; Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin; Brwa Nouri, Eber Bessa, Fadil Sausu; Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, Melvin Platje

Pelatih: Stefano Cugurra