Tekno

Dorong Kembangkan Mobil Listrik, Wuling Luncurkan GSEV

Hendi Firdaus

Posted on 19 Nov 2021

LAKEYBANGET.COM - Wuling Motors menjadi salah satu pendatang baru di industri otomotif Indonesia, namun mereka sudah berhasil menjadi tolak ukur dalam hal pengembangan teknologi kendaraan bermotor.

Pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021, Wuling Motors meluncurkan dua mobil berukuran mungil. Kendaraan itu dibuat dengan menggunakan platform, yang diberi nama Global Small Electric Vehicle atau GSEV. 

Wuling GSEV merupakan platform mobil listrik atau electric vehicle (EV), yang diciptakan dan dipasarkan oleh Wuling dengan memadukan beragam pilar untuk menghadirkan mobilitas yang modern. 

“Memperkenalkan platform GSEV merupakan langkah berikutnya dalam persiapan Wuling, untuk ikut serta di kancah pasar mobil listrik di Indonesia. Kami berharap, pengenalan platform ini dapat memberikan gambaran lebih jelas lini produk EV Wuling yang akan dipasarkan di Tanah Air pada tahun depan,” ujar Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Wuling Motors melihat, kebanyakan masyarakat Indonesia bepergian dengan menggunakan mobil menempuh jarak yang tidak terlalu jauh dan maksimal empat orang saja. Ini sesuai dengan dua konsep yang ada di GSEV, yaitu dimensi mungil dan nyaman serta ideal digunakan sehari-hari. 

“Ternyata orang Indonesia jarak tempuhnya kurang dari 50 kilometer (rata-rata per hari), maksimum jumlah penumpang empat penumpang dan lebih dari 70 persen untuk pulang pergi dari rumah ke kantor,” tukasnya.

Bangku di baris kedua dari kendaraan Wuling yang dibuat memakai paltform GSEV dapat dilipat saat tidak dibutuhkan, sehingga menyediakan ruang bagasi untuk membawa barang. Sementara, jarak tempuhnya bisa mencapai hingga 300 kilometer dan dapat diisi ulang memakai fasilitas fast charging. 

Fitur canggih seperti yang ada di Wuling Almaz, juga tersedia di GSEV ditambah kemampuan lain yakni parkir otomatis. Sistem keselamatannya didukung rangka baja, kantung udara serta baterai antiair dan Smart Battery Management System. 

Fakta lain yang tidak kalah unik dari platform GSEV ini, adalah salah satu model yang memakai rancangan tersebut yakni Wuling Mini EV, angka penjualannya mengalahkan Tesla Model 3. Pembelinya kebanyakan anak muda, membuat kendaraan ini disamakan dengan Kei Car yang ada di Jepang. 

“Potensi segmen mobil listrik kini semakin besar, dengan adanya percepatan elektrifikasi kendaran oleh pemerintah. Selain itu, pengguna mobil listrik bisa menikmati berbagai benefit lainnya yang berbeda,” ungkap Danang