Olahraga

Geliat Sepak Bola Jerman di Tengah Pandemi

Hendi Firdaus

Posted on 20 Sep 2021

LAKEYBANGET.COM - Musim kompetisi sepak bola di Benua Eropa telah bergulir termasuk di Jerman. Saat situasi pandemi belum mereda, otoritas Jerman tidak secara langsung membolehkan penonton masuk ke stadion di awal kompetisi.

Pasalnya, Jerman tengah melakukan tahap uji coba seiring dengan program vaksinasi yang sedang dijalani terhadap warga Jerman.

Pemerintah Jerman perlu melihat keberhasilan vaksinasi terlebih dahulu. Hingga saat ini telah mencapai 62 persen yang sudah divaksin dari target herd imunity 83 persen warga Jerman.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Duta Besar Jerman, Yul Edison dalam acara webinar Kopi Pahit dengan tajuk "Diplomasi Indonesia-Jerman: Pendidikan dan Ekonomi" yang diselenggarakan Monday Media Group (MMG) di Jakarta pada Minggu (19/9/2021) malam WIB.

Lebih lanjut Edison mengatakan dengan capaian tersebut, pemerintah setempat memperbolehkan bagi penonton masuk stadion dengan ketentuan  50 persen dari total kapasitas stadion.

"Secara nasional, Jerman tergolong zona merah. Namun ada beberapa negara bagian mengalami penurunan jumlah kasus Covid-19," imbuhnya,

Pemerintah setempat diberi kewenangan untuk menentukan situasi selanjutnya (PPKM)  apabila mencapai angka serius.

Bagi penonton yang hendak masuk stadion harus memenuhi syarat, yakni: telah menjalani vaksin dua kali, sembuh dari Covid-19 (minimal 14 hari setelah dinyatakan sembuh), dan mempunyai bukti negatif.

Untuk memberikan efek jera dan sebagai bentuk keseriusan mengurangi paparan virus corona, Pemerintah Jerman memberlakukan dengan tinggi. 

"Jika ada pihak yang melanggar, pemerintah tidak segan-segan  akan memberikan denda tinggi," pungkas pria kelahiran Padang ini.