Olahraga

Hasil BRI Liga 1: PSM Lucuti Persebaya 3-1

Hendi Firdaus

Posted on 18 Sep 2021

LAKEYBANGET.COM - PSM Makasar mengakhiri laga dengan kemenangan dalam partai pekan ketiga BRI Liga 1 2021/22 setelah berhasil melucuti Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 yang tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/9/2021).

PSM nyaris tertinggal lebih dulu akibat gol Jose Wilkson. Namun, Tim Juku Eja sukses bangkit lewat dua gol Anco Jansen dan satu gol dari Yakob Sayuri.

Persebaya terlihat berusaha mengambil alih permainan dengan tampil menekan semenjak babak pertama. Peluang pertama laga ini lahir dari Bajul Ijo lewat bek kanan Mokhamad Syaifudin di menit keenam, namun bola tembakannya masih mampu ditepis kiper Syaiful.

PSM tidak ambil diam dengan mencoba mencari celah pertahanan Persebaya. Peluang pertama mereka lahir di menit ke-11. Berawal dari umpan silang bek kiri Abdul Rahman, Yakob Sayuri menyelesaikannya dengan sundulan, sayangnya bola masih melambung di atas mistar.

Persebaya akhirnya membuka keunggulan terlebih dahulu saat pertandingan memasuki menit ke-20. Itu bermula dari barisan pertahanan PSM yang kerepotan menghadapi tekanan lewat bola udara yang dilakukan Persebaya.

Gelandang PSM Makassar Rasyid Bakri mulanya ingin membuang bola, namun malah mengarah ke striker Jose Wilkson. Bek Erwin Gutawa juga gagal menguasai bola dalam situasi duel udara. Wilkson pun menceploskan bola pelan saja dan gagal dibentung Syaiful.

Dalam kondisi tertinggal, PSM Makassar berusaha untuk keluar dan tampil lebih menyerang. Di sisi lain, Persebaya memilih untuk menunggu dengan mengandalkan serangan balik cepat sambil mencari kans menggandakan keunggulan.

Petakan menghampiri Persebaya di menit ke-29 saat Wiljan Pluim mengirim umpan terobosan kepada striker Anco Jansen ke kotak penalti. Bek Arif Satria secara mengejutkan melakukan tekel yang membuat wasit menunjuk titik putih untuk PSM.

Jansen yang mandul dalam dua laga sebelumnya pun tampil sebagai eksekutor penalti. Dia dengan tenang melepas tembakan mendatar saat kiper Ernando Ari Sutaryadi sudah tertipu bergerak ke kanan di menit ke-30. Gol Jansen ini membuat kedudukan menjadi 1-1.

PSM masih terus memberi tekanan kepada Persebaya lewat kerja sama Jansen dan Pluim di lini depan. Tim Juku Eja akhirnya berhasil berbalik unggul dengan permainan agresif setelah wasit memberi tendangan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan Syaifuddin terhadap Ilham Udin.

Anco Jansen masih tampil sebagai eksekutor, kali ini dalam sepakan bebas yang dilakukan di sisi kanan pertahanan Persebaya di dekat kotak penalti. Lagi-lagi, Jansen sukses memperdaya Ernando lewat tembakan pelan mendatar yang mampu menggetarkan jala gawang Persebaya di menit ke-37.

Hanya semenit kemudian, PSM menambah rekening golnya. Berawal dari Jansen yang mengirim umpan tarik dari sisi kiri serangan ke arah Ilham Udin. Bola ditembak Ilham Udin dan berhasil ditepis Ernando. Bola rebound pun diselesaikan menjadi gol.

Para pemain Persebaya terlihat kebingungan melihat serangan cepat dan situasi yang kini berbalik. Tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta dan skor 3-1 untuk PSM menghiasi waktu turun minum.

Babak kedua dimulai dengan jual beli serangan yang dilakukan oleh PSM dan Persebaya. Namun, belum ada ancaman berarti dari kedua kubu sampai menit ke-50 pertandingan.

PSM hampri menambah golnya di menit ke-52. Rasyid Bakri melepas tendangan sudut yang kemudian diterima oleh Ilham Udin di luar kotak penalti. Dia memilih menembak dengan bola yang masih melebar dari gawang Persebaya.

Dua menit kemudian, giliran Persebaya yang berkesempatan memperkecil ketinggalan. Masih dari skema tendangan sudut, bola mengarah ke stoper Arif Satria. Sayangnya, sundulannya berhasil ditepis oleh Syaiful.

Persebaya berkesempatan untuk mencetak gol lagi lewat tendangan bebas di menit ke-59. Sayangnya, sepakan Jose Wilkson yang menjadi eksekutor masih melambung di atas mistar gawang PSM.

Rachmat Irianto dkk. kain tampil menyerang melihat situasi yang kurang menguntungkan ini. Mereka masih tertinggal dua gol dan belum ada peluang emas yang memungkinkan berbuah gol lagi.

Di menit ke-71, PSM justru kembali menebar ancaman ke gawang Persebaya lewat Sutanto Tan. Dia melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang masih berhasil diantisipasi dan ditepis oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Persebaya terlihat semakin kesulitan mencari celah PSM. Serangan dilakukan, tapi barisan pertahanan PSM begitu rapat. Para pemain Juku Eja juga memilih untuk menjaga wilayahnya sendiri menghalau segala upaya serangan Persebaya.

Tidak ada tambahan gol yang tercipta sepanjang babak kedua berlangsung. Skor 3-1 masih bertahan sampai wasit Aprisman Aranda meniup peluit panjang dan PSM berhak mengemas tiga poin dari kemenangan ini.

Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Syaiful (kiper); Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw, Abdul Rahman (belakang); Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Alie Sesay, Arif Satria, Alwi Slamat (belakang); Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Bruno Moreira (tengah); Samsul Arif, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan)

Pelatih: Aji Santoso