Olahraga

Menpora Amali Resmi Lepas Pelari di Ajang Elite Race Borobudur Marathon 2021

Hendi Firdaus

Posted on 27 Nov 2021

LAKEYBANGET.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) secara resmi melepas pelari di ajang Elite Race Borobudur Marathon 2021 di Kompleks Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (27/11), pukul 05.00 WIB.

Menpora Amali tidak sendiri, saat melepas 42 pelari yang terdiri dari 26 atlet pria dan 16 atlet wanita ini, dia didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Budiman Tanuredjo, Supriyatno, dan Liem Chi An.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menyambut baik dan mengapresiasi adanya kegiatan yang mengusung tema Symphony of Energy. Dia berharap makin tahun makin banyak peserta yang mengikuti ajang ini.

"Kompetisi lari yang diikuti oleh para pelari elite kita, saya berterima kasih kepada Harian Kompas, Bank Jateng, dan Gubernur Jawa Tengah. Tentu kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan akan berlangsung terus dan makin tahun makin banyak pesertanya," harap Menpora Amali.

Borobudur Marathon 2021 akan digelar selama dua hari yakni 27-28 November 2021. Kegiatan ini mengusung tema Symphony of Energy, menjadi bentuk kolaborasi memberikan kesatuan energi untuk membangkitkan semangat para pelari dan kota Magelang.  Mengingat masih dalam situasi pandemi, maka kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dengan tetap menyesuaikan harapan para pelari dan situasi terkini. 

Ajang ini menghadirkan tiga lomba yaitu Borobudur Marathon Elite Race, Bank Jateng Tilik Candi, dan Borobudur Marathon Virtual Challenge (BMVC). Peserta Elite Race Borobudur Marathon 2021 akan melangkah dengan jarak 42 km atau masuk dalam nomor full marathon. Mereka akan berlari di rute sepanjang 3,5 km sebanyak 12 putaran. Adapun rute tersebut seluruhnya berada di dalam Komplek Taman Lumbini, Candi Borobudur.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno berharap kegiatan Borobudur Marathon ini secara tidak langsung mendukung UMKM Magelang salah satunya melalui program Pawone yang digulirkan bersama Bank Jateng. 

“Momen Borobudur Marathon ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah terhadap perekonomian Magelang dengan meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM,” katanya.