Olahraga

Momen Menarik, Menpora Amali Menjadi News Anchor Spesial HUT Metro TV

Hendi Firdaus

Posted on 25 Nov 2021

LAKEYBANGET.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mendadak menjadi presenter berita atau News Anchor program ‘Metro Siang’ dengan tema: Spesial HUT Metro TV Ke-21 di Studio 1 Metro TV, Kamis (25/11) siang.

Awalnya, acara Metro Siang dipandu oleh presenter Metro TV, Kevin Egan dengan membacakan sejumlah informasi terkini di Indonesia. Namun, pada segmen selanjutnya dengan tajuk ‘Sport Corner, Mendadak Anchor Bersama Menpora’, Menpora Amali memandu acara dengan membacakan sejumlah berita terkini terkait olahraga.

“Pemirsa ada sejumlah informasi yang akan kami sajikan dalam sport corner,” kata Menpora Amali menunjukan kepiawaiannya dalam membaca berita. 

Salah satu berita yang dibacakan oleh Menpora Amali yakni informasi seputar Indonesia Open 2021 yang kini tengah berlangsung di Nusa Dua, Bali.  Amali mengabarkan kandasanya tunggal putra andalan Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di babak pertama Indonesia Open 2021. Disamping itu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga kandas di babak 32 besar.

Selain itu, Menpora Amali bahkan memandu jalannya live report bersama Olivia Marbun yang tengah berada di lokasi Indonesia Open 2021. Kepada Olivia Marbun, Menpora melontarkan sejumlah pertanyaan seputar pertandingan dan perkembangan Indonesia Open 2021. Diantaranya terkait protokol kesehatan yang diterapkan selama pertandingan ini berlangsung.

“Kita tahu sekarang sedang melangsungkan pertandingan di tengah pandemi. Bagimana penerapan protokol kesehatan disana,” tanya Menpora Amali. 

Menjawab pertanyaan tersebut, Olivia menjelaskan bahwa selama pertandingan Indonesia Open 2021 menerapkan protokol kesehatan yang ketat dimana seluruh peserta berada di dalam sistem babbl. Ada sekitar 256 atlet dan totalnya ada 667 orang yang terlibat kegiatan ini.

“Seluruh partisipan harus melakukan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai makser tiap hari dan melakukan PCR dan antigen setiap memasuki arena pertandingan,” katanya melaporkan.

Adapun berita selanjutnya yang disampaikan Menpora Amali yakni terkait laga uji coba sepakbola antara tim nasional Indonesia yang akan melawan Myanmar di Gloria Sports Arena, Turkey, pada kamis hari ini

Usai membaca berita, presenter Metro TV, Kevin Egan menanyakan perasaan Menpora Amali ketika berperan sebagai pembacara berita televisi.

“Luar biasa sekali, baru saja kita saksikan Menpora RI yang pada hari ini mendakak menjadi News Anchor Metro TV. Bagaimana pak Amali rasanya menjaid News Anchor Metro TV?,” tanyanya. 

“Iya kayaknya lebih gampang jadi menteri,” jawab Amali.

Namun demikian, menurut Kevin Egan, sebagai orang yang peratama kali membaca berita, Menpora Amali sudah cukup bagus, baik dari sisi intonasi maupun artikulasinya.

Menurut Menpora Amali, dirinya tidak melakukan latihan khusus, namun karena berita yang dibcakannya adalah berita olahraga yang merupakan minat dan kesukaannya makanya hal tersebut bisa lancar.

“Mungkin karena berita olahraga, saya sudah tahu cerita tentang bulu tangkis kemudian timnas yang sedang uji coba di Turki. Sehingga begitU diminta menyampaikan berita tentang bulutangkis dan timnas di Turki saya tidak terlalu asing dengan cerita itu,” ujarnya