Tekno

Mulai Dilirik, 5 Kelebihan Motor Listrik dengan Motor Konvensional

Hendi Firdaus

Posted on 29 Jul 2022

LAKEYBANGET.COM - Kehadiran motor listrik semakin dinikmati sejumlah pihak, banyak orang mulai melirik kendaraan listrik untuk digunakan beraktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, produsen otomotif pun kini mulai gencar mengembangkan motor listrik yang dinilai lebih ramah lingkungan tersebut.

Selain dinilai lebih ramah lingkungan, ada beberapa hal yang menjadi keunggulan motor listrik jika dibandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil.

Berikut beberapa kelebihan motor listrik

1. Biaya Perawatan Rendah

Karena secara mendasar komponen yang ada di bagian suku cadangnya lebih sedikit, praktis perawatan yang dilakukan juga akan lebih kecil. Servis dan penggantian suku cadang tidak akan memakan biaya yang besar dan terus menerus, sehingga biaya operasionalnya cenderung rendah.

Memang biaya untuk pengisian daya listrik akan meningkat. Namun masih lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya perawatan motor konvensional.

2. Lebih Ramah Lingkungan

Motor listrik menggunakan sumber tenaga listrik untuk menggerakkan mesinnya. Dengan begini, penggunaan sumber daya alam tidak terbaharui akan dikurangi. Listrik sendiri termasuk salah satu SDA yang dapat diperbaharui, sehingga dampak lingkungannya akan lebih bersahabat.

Hal ini juga mempertimbangkan limbah yang dikeluarkannya. Pada motor dengan bahan bakar minyak, terdapat limbah hasil kerja mesin yang berupa asap. Namun pada motor listrik limbah asap ini tidak muncul.

3. Tidak Ada Polusi Suara

Sekecil apapun suara motor konvensional, akan tetap lebih bising dibandingkan dengan suara motor listrik. Sepeda motor listrik terbilang cukup sunyi, sehingga polusi suara yang muncul sangat kecil.

4. Kerja Mesin Efisien

Pada berbagai pengukuran, efisiensi kerja mesin sepeda motor listrik menunjukkan angka yang lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar minyak. Mulai dari jarak tempuh, biaya yang dikeluarkan, nilai jangka panjang, hingga dampak lingkungan, hampir semua menunjukkan motor listrik lebih unggul.

5. Akselerasi Responsif

Bahkan pada beberapa pengujian terbilang spontan, sebab torsi penuh dapat dirasakan secara langsung saat motor dikendarai. Hal ini tentu akan jadi pengalaman menarik untuk pengendara motor yang terbiasa mengendarai sepeda motor konvensional.