Lifestyle

Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Ketumbar Lho bun, Baca Penjelasannya

Hendi Firdaus

Posted on 23 Nov 2021

LAKEYBANGET.COM - KETUMBAR yang sering ditemui di dapur sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, ketumbar memiliki kandungan protein, lemak, magnesium, kalsium, kalium, dan karbohidrat. Kandungan tersebut sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tak hanya itu, ketumbar disebut-sebut memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, gangguan fungsi jantung dan diabetes. Benarkah? 

"Fakta memang sudah digunakan sampai sekarang, pengobatan Arab dan Maroko," kata  Ahli herbal dr.Muthoharoh,M.Si Muthe, Senin 22 November 2021. 

Dijelaskan Muthe, ketumbar berfungsi membantu menurunkan kadar LDL sehingga baik untuk kesehatan jantung. Karena, kata dia LDL yang berlebih pada seseorang berisiko terjadinya plak. Nantinya, penumpukan plak ini akan membuat darah kesulitan mengalir melalui arteri karena arteri yang mengalami penyempitan termasuk arteri yang mengarah ke jantung. 

"Memiliki efek vasodilator, melebarkan pembuluh darah sehingga baik untuk penderita hipertensi," kata dia. 

Lebih lanjut, Muthe menjelaskan bahwa ketumbar ini juga berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah, lantaran ketumbar ini bersifat seperti insulin. 

"Memiliki efek diuretik memperbanyak pengeluaran urin. Bagi mereka yang diabetes konsumsi obat rutin gula dijarak dua jam tidak berbarengan," kata Muthe. 

Lantas bagaimana cara mengonsumsi ketumbar untuk menurunkan kolesterol, gangguan fungsi jantung dan diabetes? 

Cukup siapkan 2 sdm ketumbar utuh, lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah diseduh dengan air panas dan diamkan selama 15 menit dengan menutup gelas. Hal ini bertujuan agar minyak atsiri tidak ikut menguap.