Olahraga

Persib Bandung Tergusur dari Puncak Usai di Pecundangi Bali United

Hendi Firdaus

Posted on 13 Jan 2022

LAKEYBANGET.COM - Persib Bandung akhirnya tergusur dari puncak klasemen sementara seusai pada pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2021/22 dipecundangi Bali United  dengan skor tipis 0-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Kamis (13/1) malam WIB.

Pertandingan ini menghentikan spekulasi yang menyebutkan Stefano Lilipaly bakal bergabung dengan Persib di hari terakhir bursa transfer. Lilipaly tampil sebagai starter untuk memperkuat barisan penyerang bersama Ilija Spasojevic dan Privat Mbarga.

Duel antara Persib dan Bali United berlangsung sengit. Kedua tim menerapkan permainan terbuka dengan tempo cepat, sehingga serangan silih berganti mewarnai menit-menit awal.

Peluang sudah diperoleh Bali United pada menit ke-13. Privat yang melepaskan umpan dari sisi kanan serangan diterima Lilipaly. Sayangnya, tendangan Lilipaly mengarah ke pelukan kiper Teja Paku Alam.

Persib memberikan respons selang lima menit kemudian. Mohammed Rashid menusuk dari sisi kanan serangan, dan memberikan umpan ke depan gawang. Namun sontekan Beckham dari jarak dekat melayang di atas mistar.

Bali United membalas ancaman di pertahanan Maung Bandung pada menit ke-34. Teja Paku Alam melakukan penyelamatan ketika ia menepis tendangan keras Eber Bessa di dalam kotak penalti.

Namun Teja akhirnya harus memungut bola dari jalanya selang empat menit kemudian. Umpan Rikcy Fajrin dari sisi kiri serangan disambut tandukan Lilipaly yang berdiri bebas, sehingga membuat Teja mati langkah. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan agresif tetap diperlihatkan Persib dan Bali United di babak kedua. Persib yang tertinggal satu gol memberikan tekanan untuk menyamakan kedudukan. Sedangkan Bali United menganggap keunggulan satu gol belum aman.

Tekanan yang dilancarkan Persib menghadirkan peluang bagi Pangeran Biru di menit ke-52. Ezra Walian memberikan umpan ke depan gawang, dan disambut tandukan David Da Silva. Namun penjaga gawang Wawan Hendrawan mampu melakukan penyelamatan.

Selepas itu, Wawan tampil cemerlang untuk menghindari gawangnya dari kebobolan. Sejumlah penyelamatan dilakukan kiper berjuluk Spiderwan ini, termasuk ketika menepis tendangan Ezra lima menut sebelum pertandingan berakhir. Bali United akhirnya mengamankan keunggulan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Hasil itu membuat Persib terpaku di peringkat dua klasemen dengan koleksi nilai 37, tertinggal tiga angka dari Arema. Sedangkan kemenangan tidak mengubah posisi Bali United yang berada di peringkat kelima dengan 35 poin. Hasil itu membuat persaingan di papan atas makin ketat.

Susunan pemain kedua tim:

Persib: Teja Paku Alam; Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Henhen Herdiana, Zalnando, Dedi Kusnandar, Mohammed Rashid, Febri Hariadi, Beckham Putra, Bruno Cantanhede, David da Silva.

Bali United: Wawan Hendrawan; Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin, Andhika Wijaya, Brwa Nouri, Fadil Sausu, Eber Bessa, Stefano Lilipaly, Privat Mbarga, Ilija Spasojevic.