Lifestyle

Tanam Kangkung di Polybag, Ini Lho Bun Caranya  

Hendi Firdaus

Posted on 14 Jan 2022

LAKEYBANGET.COM - Cara menanam Kangkung menggunakan polybag merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mulai berkebun di rumah.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai masakan. Oleh karena itu, tidak heran jika Kangkung cukup laris di pasaran dan tidak sedikit pula yang tertarik untuk menanamnya.

Penanaman dan perawatan Kangkung yang mudah juga menjadi alasan tersendiri mengapa tanaman ini cocok untuk dibudidayakan di rumah.

Tertarik untuk menanam kangkung? Simak langkah-langkah menanam Kangkung yang baik dan benar berikut ini.

 - Menyiapkan Bibit
Langkah pertama untuk menanam Kangkung di dalam polybag tentu saja menyiapkan bibit dan menyiapkan media tanam yang akan digunakan.

Untuk media tanam, campurkan tanah gembur dengan pupuk kompos lalu diamkan selama seharian. Setelah itu, baru taburkan bibit di atas media tanam dan tutup dengan jaring-jaring. Lakukan penyiraman pada bibit dua kali sehari.

Kangkung umumnya akan mulai tumbuh pada hari ke 5-7 setelah penanaman. Proses penyemaian ini tidak harus selalu dilakukan dan bisa langsung menanam bibit di polybag.

- Mempersiapkan Polybag
Sebelum menggunakannya, buat lubang di dasar polybag untuk resapan air. Kemudian, masukkan media tanam berupa tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Diamkan media tanam selama satu sampai dua hari.

- Menanam Kangkung
Jika media tanam dalam polybag sudah siap, Anda bisa memasukkan bibit tanaman Kangkung ke dalamnya. 

Namun, jika sebelumnya dilakukan proses penyemaian, pindahkan bibit Kangkung dari pot semai ke polybag dengan hati-hati tanpa merusak akarnya.

Setiap polybag, standarnya hanya diisi tiga lubang dengan kedalaman masing-masing 11-14 cm. Lalu, tempatkan dua bibit Kangkung pada setiap lubang dan tutup kembali dengan tanah.

- Merawat Kangkung
Perawatan Kangkung tidaklah sulit, cukup siram Kangkung dua kali sehari di pagi dan siang hari saat musim kemarau. 

Ketika memasuki musim penghujan, kurangi penyiraman karena air berlebih dapat merusak tanaman kangkung.

Selain itu, bersihkan rumput atau gulma yang tumbuh di sekitar Kangkung setiap harinya. Gunakan pupuk organik, dan berikan secara teratur.

Kangkung juga menjadi salah satu sayuran yang mudah ditanam di rumah karena tidak mudah terserang penyakit.

- Memanen Kangkung
Kangkung bisa mulai dipanen setelah 25 hari masa penanaman. Caranya, potong pada bagian batang supaya Kangkung bisa tumbuh kembali atau cabut langsung Kangkung dari akarnya langsung