Ragam

Target Cetak Donor Darah Sukarela, Relawan Kemanusiaan Deklarasi KDDS MDDS INDONESIA di Kota Bandung

Natsir Amir

Posted on 20 Sep 2021

LAKEYBANGET.COM - Pemenuhan darah dari donor sukarela menurun selama masa pandemi Covid-19. Padahal, kebutuhan darah secara nasional tidak berubah bahkan meningkat.

Untuk itu, Relawan Kemanusiaan mendeklarasikan terbentukan Korps Donor Darah Sukarela Mencetak Donor Darah Sukarela Indonesia (KDDS MDDS INDONESIA).

Kegiatan juga sekaligus dirangkai dengan silaturahim dengan calon anggota KDDS MDDS INDONESIA sebagai pelaku donor darah sukarela,  beberapa peserta ada yang sudah tercatat sebagai donor darah sukarela lestari diatas 100 kali donor darah.

Demikian disampaikan oleh Ketua Dewan Pengawas  KDDS MDDS Indonesia,   Setiadin, S.Pd., S.Sos., M.AP di Taman Hutan Raya (TAHURA) Ir. H. Djuanda Dago Pakar Bandung, Minggu pagi (19/9/2021).

Menurut Sekretaris Rektor UMBandung yang akrab disapa Kang Tias, kegiatan ini merupakan momentum atau tonggak sejarah, dimana seluruh pergerakan kemanusiaan dari berbagai latar belakang dan komunitas yang berbeda, memiliki visi yang sama yakni mencetak donor darah sukarela baru dan mempertahankan donor darah sukarela yang sudah ada, sehingga mau menjadi Donor Darah Sukarela Lestari.

Guna mewujudkan visi tersebut, KDDS MDDS Indonesia mengejawantahkan kedalam misi sebagai berikut:

1. Melaksanakan gerakan kemanusiaan.
2.Melaksanakan rekruitmen donor.
3. Melaksanakan donor darah massal teratur.
4. Melaksanakan promosi, motivasi, dan publikasi donor darah.
5. Melaksanakan pelayanan prima dengan mengutamakan integritas, profesionalitas, keselamatan, dan inovasi dalam pelaksanaan kegiatan kemanusiaan dan donor darah massal.

Dengan motto
"Peduli, berbagi, dan hidup dengan mendonorkan darah."

Lebih lanjut, Kang Tais menjelaskan bahwa seluruh komunitas di Bandung Raya dapat bersatu dalam wadah KDDS MDDS Indonesia sebagai agen rekrutmen donor darah baru sekaligus sebagai anggota KDDS MDDS INdonesia sebagai Donor Darah Sukarela Lestari.

Kegiatan hari ini bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh SDM dari berbagai elemen untuk membentuk struktur organisasi. Adapun susunannya mulai dari Dewan pengawas hingga Pengurus Harian sebagai berikut:

Susunan Pengurus : 
A.  Dewan Pengawas  
    Ketua Dewan Pengawas:
    Setiadin, S.Pd, S.Sos, M.AP   

Anggota  :
1. Erna Ratna Purana
2. Andreas Andri Muliawan

B.  Pengurus : 
 Ketua Umum         : Hanura Triwibowo
 Wakil Ketua I         : Heri Hasari
 Wakil Ketua II        : Gery Zakaria 
 Sekretaris Umum  : Suryati
 Bendahara            : Hj. Sianne Hasan

Kepala Bidang Humas dan Kerjasama:
Djodi Suwarna

Kabid Rekrutmen dan Pelayanan Donor Darah:
Nurmadhiah

Kepala Bidang Promosi, Publikasi dan Kaderisasi:
Ujang Nur Muhammad.

Sebagai follow up dari terbentuknya komunitas ini, KDDS MDDS Indonesia bakal menggandeng LAN Bandung dengan melakukan donor darah Perdana dengan jumlah peserta diatas 100 orang. 

Sudah menjadi Program kerja KDDS MDDS Indonesia dalam seminggu minimal akan mengadakan 3 kali Donor darah masal di berbeda tempat ditargetkan mencapai 100 orang per tempat.

" Insha Allah KDDS MDDS Indonesia menjadi pelaku  donor darah tersering, dan terbanyak di Kota Bandung ini," jelas Kang Tias.

Kang Tias berharap dengan adanya KDDS MDDS Indonesia ini, dapat bersinerzi dan menciptakan harmonisasi serta membantu PMI dalam mencapai target pelayanan darah di Jawa Barat, khususnya di PMI Kota Bandung dengan tidak merusak sistem pelayanan darah di PMI yang sudah baku sesuai dengan Undang Undang yang berlaku.

Kabid Humas dan Kerjasama Djodi Suwarna yang biasa disapa Abah Djodi, menyampaikan, "ada 5.000 orang lebih anggota komunitas yang kami bina dari berbagai wadah komunitas di Bandung Raya dapat bersatu dalam wadah KDDS MDDS Indonesia sebagai agen rekrutmen donor darah baru sekaligus sebagai anggota KDDS MDDS Indonesia sebagai Donor Darah Sukarela Lestari,"