Tekno

Ternyata Si Bos Tesla Mengagumi Sosok Steve Jobs

Fachri Septian

Posted on 11 Oct 2021

LAKEYBANGET.COM - Pendiri Apple, Steve Jobs meninggal dunia 10 tahun silam pada bulan Oktober 2011 karena penyakit kanker pankreas. Sosoknya banyak diteladani oleh para pebisnis. Salah satunya Elon Musk. Si bos perusahaan antariks SpaceX menyebut kualitas Steve Jobs yang ia kagumi. 

"Aku berharap pernah punya peluang untuk berbicara padanya," tulis Elon Musk beberapa waktu lalu ini di Twitter saat memperingati kematian Steve Jobs. 

Era kejayaan Steve Jobs, Elon Musk memang bisa dibilang baru berada di awal karirnya. Pernah satu kesempatan Elon pernah dikenalkan pendiri Google, Larry Page, pada Steve Jobs, namun responnya biasa-biasa saja dan mereka tidak banyak berbicara satu sama lain. 

"Aku mencoba bicara padanya ketika itu dalam sebuah pesat dan dia sangat kasar padaku," kisahnya dengan nada bercanda, seperti dikutip redaksi dari CNBC. 

Pemimpin Tesla ini mengaku sudah lama mengagumi sosok Steve Jobs, terutama dalam hal menarik para pekerja dengan kemampuan top dan kemudian bisa menjadi loyal kepadanya. Elon Musk pun mencoba resep yang sama di Tesla. 

"Kemampuan untuk menarik dan memotivasi orang-orang hebat adalah hal penting bagi sukses sebuah perusahaan, karena perusahaan hanyalah sekelompok orang yang dipadukan untuk menciptakan sebuah produk atau layanan," ujar Musk. 

Prestasi Steve Jobs memang fenomenal. Sejak 1997 hingga Agustus 2011 menjabat sebagai CEO, Apple tak hanya bangkit dari kebangkrutannya tapi menciptakan produk yang di kenal seluruh dunia. 

Sejumlah produk besutannya yang lahir dari kejeniusan ide Jobs, seperti iMac, iPod, iPhone dan tentu saja iPad telah mengubah ranah elektronik consumer dan komputasi personal.