Lifestyle

Ternyata Teh Kunyit Mampu Atasi Penyakit Bandel Ini

Hendi Firdaus

Posted on 19 Nov 2021

LAKEYBANGET.COM - KUNYIT merupakan  tanaman  yang mudah ditemukan di dapur yang sering digunakan emak-emak untuk bumbu masakan. Namun, siapa sangka ternyata tanaman rimpang ini menpunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pakar Herbal dr. Sri Redjeki Endang MSi. Herb, mengatakan bahwa pada dasarnya ada zat sangat krusial dari dalam kunyit. Zat kimia itu biasa disebut sebagai kurkumin yang bisa bersifat sebagai antivirus. 

"Kunyit ini punya kurkumin yang di vitamin udah banyak yang bersifat sebagai antivirus. Bisa untuk batuk, flu, dan obati maag," jelasnya.

Lebih lanjut, dokter Sri menyarankan agar pemakaian kunyit digeprek atau dipotong untuk keluarkan kandungan baiknya. Bisa tambahkan bahan lainnya untuk menguatkan manfaat bagi tubuh seperti jahe yang juga digeprek. Nah, kedua bahan ini bisa menjadi obat untuk flu dan batuk. 

"3 ruas kunyit, 3 ruas jahe, geprek, rebus di air mendidih selama 10 menit. Saring, tuang dan tambah jeruk nipis dan madu," paparnya.

Tambahan madu karena berkhasiat untuk menambah imunitas. Sementara jeruk nipis bisa membantu tubuh mengeluarkan dahak karena sifatnya sebagai ekspektoran. Disarankan mengonsumsinya dua sampai tiga kali sehari. 

"Kalau rutin diminum artinya imunitas stabil, sel tetap sehat, kita juga sehat," ujarnya. 

Tak hanya itu, bagi pengidap maag kronis pun bisa dengan resep tersebut namun kurangi pemakaian jeruk nipis. Dokter Sri juga menuturkan bahwa kunyit sendiri bersifat menekan asam lambung sehingga mampu melapisi dinding lambung agar tidak iritasi. Adapun resep berbeda yang bisa dicoba.

"3 ruas kunyit, geprek. Masukan temulawak secukupnya dan 2 buah kayu manis. Rebus 5 menit, saring. Beri perasan lemon. Ini bisa juga untuk nambah nafsu makan. Kalau untuk diare, bisa tambah daun jambu," ungkapnya.