Tekno

Tiktok Berencana Batasi Durasi Penggunanya

Fachri Septian

Posted on 20 Sep 2021

LAKEYBANGET.COM - Douyin, TikTok versi China berencana akan membatasi durasi penggunaan aplikasi atau platform untuk anak-anak di bawah 14 tahun. 

Perusahaan induk TikTok, ByteDance meyebutkan, anak di bawah 14 tahun hanya boleh menggunakan selama 40 menit setiap harinya, khsusnya antara jam 6 pagi sampai 10 malam.

Dilansir redaksi dari The Verge, Senin (20/9/2021), ketentuan baru ini akan diterapkan untuk mengikuti berbagai aturan baru Pemerintah China yang membatasi akses anak-anak dan remaja ke video game. 

Selain itu, ByteDance mengharuskan anak-anak di bawah 14 tahun untuk menggunakan nama asli di platform tersebut. 

Lalu, ByteDance mendorong para orang tua untuk membantu anak-anaknya dalam mengotentikasi nama aslinya di Douyin, juga mengaktifkan mode anak-anak di aplikasi tersebut. 

Diketahui, belakangan ini Pemerintah China membuat berbagai aturan baru untuk mengurangi waktu online generasi muda di Tiongkok, yang mereka anggap sebagai hal berbahaya. 

Dalam aturan tersebut, anak berusia di bawah 18 tahun bisa bermain game online pada akhir pekan ataupun hari libur, namun dengan durasi yang terbatas. 

Di sisi lain, mereka juga mewajibkan platform media sosial dan perusahaan game untuk mewajibkan penggunanya menggunakan nama asli untuk mendaftar. Termasuk memasukkan nomor telepon dan identifikasi lain saat melakukan pendaftaran. 

ByteDance juga menyatakan akan menyediakan konten khusus anak-anak dan remaja yang akan muncul di 'youth mode'. 

Nantinya, konten tersebut berisi bermacam eksperimen ilmu sains, pameran seni di museum, pemandangan indah di dari berbagai tempat, pelajaran sejarah, dan lain sebagainya.