Olahraga

WorldSBK Rilis Jadwal Balapan 2022

Hendi Firdaus

Posted on 26 Nov 2021

LAKEYBANGET.COM - FIM dan Dorna Sports resmi merilis kalender balap WorldSBK 2022 pada Kamis (25/11/2021). Dengan harapan pandemi Covid-19 segera melandai, musim baru nanti akan menyambangi empat benua dengan 13 seri.

Hanya selang empat hari setelah musim 2021 berakhir di Mandalika, Indonesia. Seri pembuka akan digelar di Spanyol, tepatnya di MotorLand Aragon pada 8-10 April, yakni setelah para peserta menjalani uji coba pendukung di trek yang sama pada 4-5 April. Sementara itu, seri penutup alias seri ke-13 belum ditentukan sirkuit dan tanggal penyelenggaraannya.

Indonesia juga akan tetap menjadi tuan rumah seperti halnya musim ini. Sirkuit Mandalika akan menggelar seri ke-11, yakni pada 11-13 November, sebelum para peserta beranjak ke Phillip Island, Australia, meski tanggal pekan balap di Negeri Kangguru belum ditentukan.

"Sangat menyenangkan bisa merilis kalender WorldSBK 2022 begitu cepat setelah musim 2021 yang menegangkan berakhir. WorldSBK akan mengusung identitas yang baru untuk 2022, dan kami tak sabar memulai musim baru usai dua musim yang menantang akibat pandemi Covid-19," tutur Direktur Eksekutif WorldSBK, Gregorio Lavilla, via situs resmi kejuaraan.

"Sebanyak 13 seri akan digelar, dan kami punya beberapa opsi di mana gelaran ini bisa diselenggarakan. Bakal menyenangkan kembali menyambut Australia dan Phillip Island di kalender kami, kali ini sebagai penyongsong akhir musim. Tanggalnya masih harus dikonfirmasi akibat tantangan logistik yang butuh analisa lebih jauh," lanjut eks pembalap ini.

"Saya juga senang bisa kembali menyambut dua sirkuit baru pada 2021, yakni Autodrom Most dan Pertamina Mandalika International Street Circuit. Kami pun menanti musim baru yang tak kalah fantastis di WorldSBK," tutup Lavilla. 

Berikut kalender balap WorldSBK 2022:

10 April: Spanyol - MotorLand Aragon
24 April: Belanda - Assen
22 Mei: Estoril - Estoril
12 Juni: Emilia Romagna - Misano
17 Juli: Inggris - Donington Park
31 Juli: Ceko - Autodrom Most
11 September: Prancis - Magny-Cours
25 September: Catalunya - Barcelona-Catalunya
9 Oktober: Portugal - Portimao
23 Oktober: Argentina - San Juan Villicum
13 November: Indonesia - Mandalika
Tanggal belum ditentukan: Australia - Phillip Island*
Tanggal dan sirkuit belum ditentukan