Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Gandeng China, Menperin Dorong Pengembangan Kendaraan Listrik

LAKEYBANGET.COM – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, berkunjung ke China untuk bertemu dengan sejumlah industri otomotif di sana. 

Tujuannya adalah mendorong percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Kunjungan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara China-ASEAN Forum bersama menteri dari negara-negara ASEAN di Shenzen, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). 

Ini dilakukan guna memperkuat pengembangan kerja sama industri antar negara.

Menperin mewakili Pemerintah RI untuk berbicara mengenai peran Indonesia yang memegang tampuk Keketuaan ASEAN 2023. Menperin mewakili Pemerintah RI untuk berbicara mengenai peran Indonesia yang memegang tampuk Keketuaan ASEAN 2023. 

Indonesia juga membuka peluang kolaborasi dengan berbagai negara untuk mewujudkan target menjadi pemain industri utama dalam ekosistem kendaraan listrik.

“Hal ini juga sejalan dengan visi mewujudkan ASEAN yang lebih hijau dan berkelanjutan melalui keterlibatan sektor swasta, yang aktif dan dengan orkestrasi kawasan yang terkoordinasi,” kata Agus dikutip dalam keterangan resmi.

Para menteri negara-negara ASEAN juga akan mengunjungi pabrik industri otomotif BYD dan Huawei Bantian Base. 

Selain itu, Menperin juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Industri dan Teknologi Informasi RRT Mr. Jin Zhuanglong.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri akan membahas peluang peningkatan kerja sama Indonesia-RRT di bidang industri. Pertemuan itu akan membahas kemungkinan kerja sama dalam bidang pengembangan kendaraan listrik.

“Dalam pertemuan dengan Menteri Industri dan Teknologi Informasi RRT, kami akan membahas kemungkinan kerja sama di bidang pengembangan electric vehicle (EV), energi terbarukan untuk industri hijau, kawasan industri, juga perjanjian ASEAN-China Free Trade Area,” ujar Menperin.

Sebenarnya, komitmen BYD untuk berinvestasi di Indonesia sudah diungkapkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Mei 2023 lalu. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat itu mengatakan produsen kendaraan listrik terkemuka siap hadir di Tanah Air.

BYD memang menjadi pemain penting dalam hal kendaraan listrik secara global dengan mencatatkan penjualan yang cukup mengesankan. 

Produsen asal China itu mencatatkan penjualan sebesar 1,85 juta unit secara global sepanjang 2022.

Indonesia menjadi salah satu konsumen BYD dengan beberapa transportasi umum yang menggunakan produk dari brand tersebut. 

Melihat besarnya peran BYD, membuat Menperin terus mendorong mereka agar sesegera mungkin melakukan operasinya di Tanah Air.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...