Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Mesin Mobil Overheat di Tengah Cuaca Panas, Begini Cara Mencegahnya

LAKEYBANGET.COM – Inilah cara mencegah mesin mobil overheat di tengah musim kemarau yang sangat panas.  

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) telah mengimbau masyarakat untuk waspada menghadapi musim kemarau yang lebih kering dan panjang tahun ini dengan puncaknya diperkirakan pada Agustus 2023.

Sebagai langkah antisipasi, kondisi mobil juga perlu dijaga supaya tidak bermasalah ketika musim kemarau tiba, sebagaimana dibagikan oleh  Auto2000, Minggu (16/7/2023).Sebagai langkah antisipasi, kondisi mobil juga perlu dijaga supaya tidak bermasalah ketika musim kemarau tiba, sebagaimana dibagikan oleh  Auto2000, Minggu (16/7/2023).

Cara Mencegah Mesin Mobil Overheat 

1. Ganti Oli secara Teratur

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas antar komponen mesin yang saling bergesekan. Tapi, oli juga membantu mendinginkan mesin dari panas yang timbul akibat gesekan antar komponen.

Panas yang diserap akan diteruskan oleh oli mesin ke dinding blok mesin untuk selanjutnya dilepaskan keluar atau ditransfer ke radiator coolant. Dari sini terlihat betapa krusial tugas oli mesin di cuaca panas. Pastikan oli mesin dan transmisi tetap terjaga kualitasnya dengan menggantinya secara berkala.

2. Periksa Kondisi Radiator Mesin

Tugas utama menjaga suhu kerja mesin ada pada radiator. Lewat radiator, cairan radiator akan bersirkulasi lewat blok mesin untuk melepaskan panas yang tercipta. Dalam prakteknya, ada berbagai komponen berperan, seperti radiator, kipas pendingin radiator, tutup radiator, thermostat, tabung cadangan cairan radiator, selang dan sambungan, serta radiator coolant.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Semua komponen penting tersebut memastikan suhu kerja mesin berada di level ideal sehingga tidak terlalu dingin (overcool) atau terlalu panas (overheat). Terlalu dingin akan membuat mesin boros dan tidak bertenaga, sementara overheat dapat membuat komponen mesin rusak bahkan mogok. Pastikan radiator coolant tidak habis dan dapat bersirkulasi dengan baik untuk melepaskan panas mesin.

3. Pastikan Kabin Mobil Nyaman

Sistem AC mobil harus dapat bekerja dengan baik sehingga suhu kabin selalu sejuk. Pemilik kendaraan bisa memeriksa kondisi filter kabin agar evaporator tidak mudah kotor dan kabin menjadi tidak dingin.

Membersihkan kondensor di depan ruang mesin dari kotoran yang menghambat pelepasan panas freon juga diperlukan. 

4. Waspada Debu yang Sangat Mengganggu

Masalah lain yang tidak kalah berbahaya adalah debu yang bertebaran. Debu dapat menyusup dan mengganggu kinerja komponen mekanis, seperti masuk ke dalam tabung shock absorber dan sambungan komponen kemudi.

Cairan kendaraan cukup aman dari debu karena sistemnya tertutup. Namun ketika salurannya bocor, seperti ada seal atau tutup pengisian rusak, debu akan masuk dan merusak formula kimia cairan mobil.

Oleh sebab itu, servis berkala setiap 6 bulan sangat penting. Potensi kerusakan komponen akibat debu dan suhu udara panas akan diketahui. Langkah pencegahan dan perbaikan juga dapat dilakukan lebih awal agar mobil tetap aman dan nyaman di tengah musim kemarau.

“AutoFamily tidak perlu khawatir menghadapi musim kemarau tahun ini yang diperkirakan lebih kering dan panjang. Cukup dengan servis berkala, maka performa mobil dapat dijaga optimal untuk menghadapi segala kemungkinan,”kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dalam keterangan resmi.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...