Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Baterai HP Cepat Habis Bikin Jengkel, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi/Net.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab baterai hp cepat habis yang bikin jengkel, seperti Layar yang terlalu terang, Aplikasi yang tetap aktif di latar belakang, dan lainnya.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Periksa Penggunaan Aplikasi

Periksa aplikasi mana yang menghabiskan lebih banyak daya baterai. Buka pengaturan baterai pada ponsel Anda untuk melihat daftar aplikasi yang paling banyak digunakan. Jika ada aplikasi yang memakan banyak daya, pertimbangkan untuk mengurangi penggunaannya atau menghentikan aplikasi yang tidak diperlukan.

  1. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Pastikan semua aplikasi Anda diperbarui ke versi terbaru. Versi terbaru sering mengandung perbaikan bug dan optimalisasi yang dapat mengurangi konsumsi daya.

  1. Pengaturan Layar

Kurangi kecerahan layar ponsel Anda atau aktifkan mode hemat daya jika tersedia. Layar adalah salah satu komponen yang paling banyak menggunakan daya baterai.

  1. Nonaktifkan Fitur Tidak Diperlukan

Matikan fitur yang tidak Anda gunakan, seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan NFC, jika Anda tidak memerlukannya.

  1. Mode Hemat Daya

Aktifkan mode hemat daya pada ponsel Anda ketika baterai mulai menipis. Ini akan membatasi kinerja ponsel untuk menghemat daya.

  1. Hentikan Sinkronisasi Otomatis

Matikan sinkronisasi otomatis untuk akun email, media sosial, dan aplikasi lain yang tidak perlu selalu diperbarui secara real-time.

  1. Pengaturan Notifikasi

Sesuaikan pengaturan notifikasi sehingga Anda hanya menerima pemberitahuan yang penting.

  1. Nonaktifkan Animasi

Menonaktifkan animasi dan efek visual yang dapat memakan daya baterai. Efek animasi dan visual terkadang bikin baterai HP cepat habis.

  1. Gunakan Mode Pesawat

Saat Anda berada di tempat dengan sinyal lemah atau tidak perlu terhubung, aktifkan mode pesawat untuk menghindari pencarian sinyal yang terus-menerus.

  1. Periksa Aplikasi Latar Belakang

Beberapa aplikasi berjalan di latar belakang dan dapat menguras daya baterai. Pastikan Anda menonaktifkan aplikasi latar belakang yang tidak perlu.

  1. Periksa Kondisi Fisik Baterai

Baterai yang rusak atau memburuk dapat menyebabkan pengurasan daya yang cepat. Jika Anda merasa baterai mungkin bermasalah, pertimbangkan untuk menggantinya.

  1. Batasi Penggunaan Ponsel Saat Pengisian

Menggunakan ponsel saat diisi daya dapat membuat baterai lebih cepat terkuras. Disarankan untuk tidak menggunakannya saat mengisi daya.

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan baterai ponsel Anda masih cepat habis, mungkin ada masalah lebih dalam yang memerlukan bantuan profesional atau penggantian baterai.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...