Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

BRI Liga 1 Jadi Wadah Pengembangan Talenta Muda Sepakbola Nasional

Pemusatan latihan Timnas U-23 Indonesia(Sumber: PSSI).

Potensi pemain sepakbola muda Indonesia sangat besar untuk dieksplorasi lebih. Talenta-talenta muda yang bermunculan merupakan hasil perekrutan dan pengembangan yang sukses serta tepat dari masing-masing klub yang berlaga di BRI Liga 1.

Keberhasilan timnas sepakbola Indonesia dalam meraih medali emas Sea Games ke – 32 di Kamboja merupakan bukti dari kesuksesan pengembangan talenta muda sepakbola tanah air. BRI yang menjadi sponsor utama BRI Liga 1 2023-2024 pun berharap iklim kompetisi sepak bola yang kondusif dapat mencetak talenta muda sepak bola tanah air.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama BRI, Sunarso yang mengungkapkan bahwa dengan bergulirnya BRI Liga 1 diharapkan dapat menjadi wadah penghasil bintang-bintang pemain bola kelas dunia.

“Yang saya soroti adalah bagaimana kompetisi ini bisa terus mewadahi para pemain untuk terus mengasah potensi terbaiknya dan BRI Liga 1 ini menjadi wujud komitmen kami untuk mendukung para pemain sepak bola di Indonesia untuk terus berprestasi,” kata Sunarso.

Salah satu klub BRI Liga 1 yang berhasil mencetak pemain-pemain muda berbakat untuk timnas Indonesia adalah Borneo FC. Hal itu ditunjukkan dengan menyumbangkan tiga pemain Borneo FC yang kerap menjadi andalan Indonesia saat meraih emas di SEA Games 2023 Kamboja, yakni Fajar Fatur Rahman, Komang Teguh Trisnanda, dan Muhammad Taufany Muslihuddin.

Direktur utama Borneo FC, Ponaryo Astaman mengungkapkan kunci keberhasilan untuk mengorbitkan pemain potensial ke level nasional. Di antaranya yakni menetapkan seleksi terbuka untuk seluruh pemain muda di Indonesia tidak hanya terbatas dari Kalimantan Timur.

“Seleksinya kombinasi, dari Nasional dan juga Kaltim (Kalimantan Timur). Utamanya memang tetap dari Kaltim tapi kami tak menutup kemungkinan melihat pemain berpotensi dari daerah lain,” ucap mantan pemain timnas Indonesia era 2000’an tersebut.

Tak beda jauh dengan klub lain yang juga fokus mengembangkan pemain muda yakni Persija Jakarta. Lewat akademinya, Persija mengorbitkan Rio Fahmi, Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, hingga Rayhan Hannan. Para pemain muda itu mulai mendapatkan kepercayaan di tim utama yang berlaga di BRI Liga 1 2023-2024.

Tidak hanya sampai SEA Games 2023, Borneo FC ingin meneruskan tradisi mereka menciptakan pemain muda berbakat yang nantinya menjadi penerus tim senior dan juga Timnas Indonesia. Cara yang dilakukan oleh Borneo bisa menjadi acuan bagi tim-tim lain yang berlaga di BRI Liga 1.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain itu, ada juga Teuku Razza Fachrezi Aziz, pemain Persija yang kini hijrah ke klub Spanyol, Rayo Vallecano B. Razza juga sempat turun bertanding beberapa kali dengan tim utama Persija setelah ditempa dari tim akademi.

Razza berharap kemampuannya bisa berkembang sebagai pesepak bola di Eropa. Baginya, Persija memiliki peran yang tak sedikit karena dalam akademinya, ia kerap bermain setiap minggu dengan format uji coba ataupun turnamen.

Karena kemampuannya itulah, ia beberapa kali dibawa berlatih dan bertanding Bersama tim senior Persija. “Persija punya andil besar, saya berkembang dari klub dan mereka mendukung karier saya,” ujar Razza.

Konsep dengan memaksimalkan serta mempercayakan pemain muda untuk mengarungi kompetisi BRI Liga 1 merupakan langkah yang dilakukan untuk mendapatkan output pemain bertalenta. Borneo FC dan Persija Jakarta berani menempatkan pemain-pemain muda tersebut menjadi bagian dari skuad utama klub.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...