Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Termasuk Melancarkan Pencernaan, Sederet Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah Naga/Net.

Buah naga adalah buah eksotis yang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Buah ini sering dijadikan makanan penutup seperti dibuat es buah atau jus.

Dibalik rasa manisnya yang lezat dan menggoda, buah naga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Dikutip via Alodokter, inilah kandungan dalam 1 buah naga merah dengan berat sekitar 300 gram, yang memiliki 213 kalori dan beragam nutrisi:

10 gram serat
5 gram protein
39 miligram kalsium
42 miligram fosfor
1,2 miligram zat besi
384 miligram kalium
3 miligram vitamin C

Berikut ini sederet manfaat kesehatan dari buah naga:

  1. Kaya akan Antioksidan

Buah naga mengandung antioksidan seperti vitamin C, betakaroten, dan flavonoid. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini dan risiko penyakit kronis.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi dan aktivasi sel-sel kekebalan.

  1. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Buah naga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan lemak sehat dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah, sementara lemak sehat seperti lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Pengelolaan Berat Badan

Buah naga rendah kalori dan lemak, namun kaya akan serat. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga atau mengelola berat badan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga mengandung zat seperti betakaroten yang penting untuk kesehatan mata. Betakaroten dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan.

  1. Mendukung Kesehatan Tulang

Buah naga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang mendukung kesehatan tulang dan pertumbuhan.

  1. Mengatur Gula Darah

Buah naga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti makan buah naga tidak menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar gula darah. Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan pengaturan gula darah.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...