Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Yuk Cari tahu! Sejumlah Penyakit Dampak Polusi Udara

Polusi udara/Net.

Polusi udara merujuk pada kontaminasi udara oleh berbagai zat kimia, partikel dan bahan lain yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. Hal ini termasuk masalah serius di banyak kota dan wilayah di seluruh dunia, seperti Jakarta yang belakangan dikabarkan memiliki kualitas udara buruk dengan indeks mencapai 113 per Selasa (15/8/2023) kemarin.

Polusi udara dapat memiliki dampak negatif yang luas termasuk masalah Kesehatan. Paparan jangka panjang terhadap polusi udara dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit pernapasan, termasuk asma, bronkitis, dan infeksi saluran pernapasan atas.

Partikel-partikel kecil dalam polusi udara juga dapat masuk ke dalam aliran darah dan berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Dikutip dari Healthline, polusi udara bersumber dari rumah tangga, pabrik, pembangkit listrik, kendaraan bertenaga bensin, kebakaran hutan.

Berikut beberapa penyakit akibat polusi udara.

  1. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Ada beberapa cara polusi udara menyebabkan penyakit kardiovaskular. Pertama, materi partikulat bisa masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan peradangan.

Hal tersebut berdampak peningkatan tekanan darah dan kerusakan di lapisan arteri. Kedua, polutan memicu perubahan detak dan irama jantung yang menyebabkan aritmia atau henti jantung.

  1. Asma

Asma yang kambuh atau muncul juga dipengaruhi faktor lingkungan seperti polusi udara, cuaca dingin, atau serbuk sari.

  1. Bronkitis

Penyakit Bronkitis terjadi ketika bronkus atau saluran udara meradang dan mengalami iritasi.

Masalah kesehatan ini tersebab paparan iritasi udara, seperti asap, debu, atau asap kimia. Gejala bronkitis seperti batuk, sesak napas, dan nyeri dada.

  1. Infeksi saluran pernapasan

Paparan polusi udara rumah tangga hampir menggandakan risiko infeksi pernapasan masa kanak-kanak dan bertanggung jawab. Paparan polusi itu mempengaruhi 44 persen dari kematian akibat pneumonia anak di bawah 5 tahun.

Polusi udara rumah tangga risiko infeksi saluran pernapasan bawah akut orang dewasa. Polusi mempengaruhi 22 persen dari semua kematian orang dewasa akibat pneumonia.

  1. Stroke

Stroke juga dipengaruhi paparan harian polusi udara yang timbul dari penggunaan bahan bakar padat dan minyak.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...