Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Peringati HUT RI Ke-78, Balad Erick Thohir Perkuat Dukungan Akar Rumput terhadap Menteri BUMN

Karnaval Kemerdekaan | Kesambi, Cirebon Jawa Barat lakeybanget.com

Relawan Balad Erick Thohir menggelar berbagai kegiatan di 20 kabupaten dan kota di Jawa Barat dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Kegiatan yang dilakukan secara mandiri ini melibatkan seribuan masyarakat akar rumput.

Perwakilan Koordinator Nasional (Kornas) Balad Erick Thohir, Deni Irawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan kegiatan itu merupakan bentuk dukungan masyarakat akar rumput terhadap Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Masyarakat akar rumput yang rata-rata relawan Balad Erick Thohir di Jawa Barat ini sangat antusias menggelar acara peringatan HUT RI ke-78, sekaligus bentuk dukungan terhadap Pak Erick Thohir,” ujar Deni (20/8/2023).

Menurut Deni, kegiatan yang digelar di basis-basis Balad Erick Thohir ini juga merupakan bentuk lain dari upaya pelestarian tradisi dan permainan tradisional. Kata dia, anak muda harus tahu tradisi dan permainan tempo dulu.

“Di era digital ada banyak ekspresi baru buah dari artikulasi anak muda yang bosan terhadap budaya pop, namun tidak menemukan tempat di budaya tradis HUT RI ini harus jadi momentum untuk mengenalkan keunikan dan keseruan warisan leluhur,” kata Deni, Minggu (20/8/2023).

Salah satu kegiatan yang dilakukan Balad Erick Thohir tersebut adalah Pawai Dongdang yang digelar di Kampung Garisul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan. Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga mengarak beberapa alat pikul padi yang terbuat dari potongan batang bambu setinggi orang dewasa.
Tidak hanya itu, Pawai Dongdang juga dimeriahkan oleh arak-arakan hasil bumi dan makanan yang dihias dalam beraneka bentuk dengan diiringi suara kendang, angklung, serta pukulan lesung.

Kegiatan lain ialah berbagai lomba tradisional, seperti ngagubyag, tepak kendi, dan panjat pinang di Desa Karangmulya Pangandaran, Jawa Barat. Kemudian, di Desa Sidarahayu, Ciamis, Jawa Barat, digelar kegiatan lomba memasukan pensil, ngagubyag, serta pemberian sembako untuk anak yatim dan warga lanjut usia.

Terkait lokasi penyelenggaraan kegiatan, 20 kabupaten dan kota di Jawa Barat itu meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Cimahi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Intan Jahni
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...