Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Makan di Waktu Ini Dapat Membantu Turunkan Risiko Diabetes

Foto oleh Bobbi Lin | The New York Times

Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute for Global Health Barcelona, menunjukkan bahwa sarapan di waktu yang tepat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Sebagaimana dilansir huffpost.com, Studi ini melibatkan lebih dari 100.000 partisipan dan menyoroti peran sarapan dalam mengelola risiko penyakit tersebut.

Hasil penelitian itu menunjukkan, sarapan setelah pukul 9 pagi meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 59% dibandingkan dengan mereka yang sarapan sebelum pukul 8 pagi.

Selain itu, studi ini juga menemukan bahwa melewatkan sarapan sama sekali juga meningkatkan risiko terkena diabetes.

Ritme sirkadian dan jadwal makan yang teratur memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan. Pola makan sirkadian yang melibatkan 12 jam makan dan 12 jam berpuasa memiliki manfaat seperti meningkatkan kontrol gula darah, menurunkan peradangan, serta memperbaiki tekanan darah dan lipid.

Direktur nutrisi American Diabetes Association, Elizabeth Hanna, menegaskan pentingnya menjaga waktu makan teratur dan mengatur asupan karbohidrat.

Sarapan pagi memiliki manfaat bagi pengendalian gula darah, energi yang berkelanjutan, dan manajemen berat badan.

Mengabaikan sarapan dan makan malam terlalu larut malam juga terhubung dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Makan malam setelah jam 10 malam meningkatkan risiko, sementara frekuensi makan lima kali sehari terkait dengan risiko yang lebih rendah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ahli menyarankan individu yang berisiko tinggi untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terdaftar. Pendekatan yang holistik, termasuk mengatur waktu makan dan pola makan yang sehat, berpotensi mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan meningkatkan kualitas hidup.

Intan Jahni
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...