Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Hindari Sederet Minuman Tinggi Gula Ini, Berpotensi Hipertensi hingga Diabetes

Ilustrasi/Net.

Minuman manis memang sangat nikmat dan bisa menyalurkan energi untuk tubuh serta meningkatkan konsentrasi. Namun, jika terlalu sering dikonsumsi, bisa berimbas buruk yang dapat memunculkan obesitas, hipertensi hingga diabetes.

Maka, penting mengonsumsi asupan gula sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Hal ini agar tubuh tetap sehat, tidak terserang penyakit akibat mengonsumsi makanan manis yang berlebihan.

Berikut ini sederet minuman manis tinggi gula yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat.

  1. Susu cokelat

Susu merupakan minuman yang sangat bergizi karena kaya sumber nutrisi seperti kalsium dan protein yang bagus untuk kesehatan tulang.

Walaupun demikian, tidak disarankan untuk minum susu rasa cokelat. Sebab, susu cokelat telah dibumbui dengan kakao dan gula. Dalam satu cangkir susu cokelat dilengkapi dengan 12 gram atau 2,9 sendok teh gula tambahan.

  1. Es teh manis

Minuman manis ini sangat mudah untuk ditemui tempat makan di Indonesia. Es teh manis terbuat dari perpaduan teh dengan campuran gula yang telah dicairkan. Minuman ini tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi karena mengandung gula yang sangat tinggi.

Sebagian besar es teh kemasan yang disiapkan secara komersial mengandung sekitar 35 gram gula. Untuk itu, jika kaku masih ingin minum es teh, alangkah baiknya untuk membuat es teh sendiri tanpa menggunakan gula.

  1. Jus buah olahan

Jus buah mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sayangnya banyak jus buah yang dijual dalam bentuk kemasan dengan dosis gula besar dan sangat sedikit serat.

Untuk itu, jika kamu ingin minum jus buah, alangkah baiknya untuk membuat jus buah sendiri di rumah. Sebab kamu jadi bisa menggunakan buah segar dan menakar gula yang tidak terlalu banyak. Jus buah yang dibuat di rumah pun jauh dari bahan pengawet. Dengan begitu, jus buah yang dikonsumsi memberikan nutrisi untuk tubuh.

  1. Kopi berasa

Saat ini kopi dengan beraneka ragam rasa sedang populer. Sayang, jumlah gula dalam kopi berasa sangatlah tinggi.

Dalam beberapa kedai kopi, dalam satu gelas kopi berasa mengandung 45 gram gula. Hal ini setara dengan sekitar 11 sendok teh gula per porsi. Untuk itu, alangkah lebih baik untuk tetap minum kopi tanpa sirup dan tambahan gula.

  1. Minuman olahraga

Minuman olahraga seringkali dianggap sebagai pilihan minuman yang sehat bagi mereka yang berolahraga.

Namun, perlu diketahui jika minuman olahraga diracik untuk menghidrasi dan menjadi bahan bakar untuk atlet yang berlatih dalam jangka panjang dan intens.

Dengan begitu, minuman olahraga memiliki kandungan gula tambahan dalam jumlah tinggi yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh dan membentuk energi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Faktanya, sebotol minuman olahraga standar yang berukuran 59 ml akan mengandung 32,5 gram gula tambahan dan 161 kalori. Ini setara dengan 9 sendok teh gula.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...