Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Waspada! Makanan Junk Food Tingkatkan Resiko Kesehatan Mental

Getty Images/iStockphoto

Mungkin lebih banyak dari kita yang lebih menyukai makanan cepat saji kerap didapat dengan mudah dipinggir jalan, Namun taukah seberapa bahayanya makanan tersebut bagi tubuh kita?

Sebuah penelitian yang dilakukan Melbourne Collaborative Cohort Study menyatakan bahwa makanan cepat saji atau “junk food” yang dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko krisis kesehatan mental di usia remaja antara 13 hingga 17 tahun.

Dilansir dari nypost.com, hasil penelitian dari Melbourne Collaborative Cohort Study menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi makanan olahan yang berlebih pada usia remaja memiliki kemungkinan 14% lebih tinggi mengalami masalah kesehatan mental dibandingkan dengan yang sedikit mengonsumsi.

Temuan ini dianggap sebagai “penanda depresi” yang mengindikasikan hubungan antara konsumsi makanan olahan dan risiko kesehatan mental. Sebelumnya, makanan yang diproses berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan demensia.

Penelitian ini juga menunjukkan adanya lonjakan sebanyak 25% dalam kemungkinan diagnosis demensia di kalangan konsumen berat. Pada awal 2023, studi lain juga mengungkapkan peningkatan risiko kanker sebesar 2% setiap kali konsumsi junk food meningkat 10%.

Hasil-hasil ini menggarisbawahi perlunya kesadaran akan dampak konsumsi makanan olahan dan junk food tidak hanya pada kesehatan fisik tetapi juga pada kesehatan mental.

Intan Jahni
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...