Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Jalani Program Diet dengan Konsumsi Buah-buahan Rendah Gula, Apa Saja?

Bagi yang sedang menjalani program diet bisa dengan mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan rendah gula.

Gula yang terkandung dalam buah adalah karbohidrat alami yang memberikan rasa manis pada buah. Mengkonsumsi gula dari buah umumnya lebih baik daripada gula tambahan karena mengandung serat, vitamin, dan mineral.

,Berikut beberapa buah rendah gula yang cocok untuk dikonsumsi, dikutip dari Medical News Today.

  1. Stroberi

Seperti banyak buah beri lainnya, stroberi mengandung tinggi serat dan mengandung sedikit gula.

Hanya ada sekitar 8 gram gula dalam delapan buah stroberi berukuran sedang. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

  1. Persik

Meskipun rasanya manis, buah persik berukuran sedang hanya mengandung sekitar 13 gram gula.

  1. Blackberry

Seperti stroberi, buah beri ini juga mengandung antara 4-5 gram gula, 5,3 gram serat, dan 1,39 gram protein dalan 100 gram blackberry.

Buah ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

  1. Lemon dan jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis mengandung 2 gram gula per buah dan kadar vitamin C yang tinggi. Ini adalah tambahan yang bagus untuk diet.

Orang-orang dapat memeras lemon atau jeruk nipis ke dalam air soda untuk menggantikan minuman berkarbonasi manis lainnya. Atau bahkan memeras jus lemon di atas salad alih-alih menggunakan saus salad.

  1. Melon madu

Melon madu mengandung sekitar 11 gram gula yang mudah dicerna. Melon Honeydew juga mengandung kalium, vitamin C, dan zat besi.

  1. Jeruk

Jeruk berukuran sedang memiliki sekitar 14 gram gula dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Jus jeruk dan semua jus buah lainnya yang dibeli dari supermarket mungkin mengandung tambahan gula.

Jika seseorang ingin membatasi asupan gulanya, biasanya lebih baik makan buah itu sendiri daripada minum jusnya.

  1. Grapefruit

Buah rendah gula ini adalah makanan sarapan favorit banyak orang. Setengah grapefruit berukuran sedang mengandung sekitar 11 gram gula.

  1. Alpukat

Alpukat hampir bebas gula. Buah ini juga merupakan sumber lemak dan serat sehat yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari WebMD, gula adalah jenis tambahan yang dapat ditemukan di soda, makanan penutup, dan banyak produk lainnya. Karena buah mengandung serat, tubuh akan bereaksi berbeda terhadap gula alami ini.

Seperti diketahui, makan buah yang mengandung gula dalam porsi besar dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Misalnya penambahan berat badan, diabetes, komplikasi pada pankreas dan ginjal, kerusakan gigi, dan kekurangan vitamin B12, kalsium, vitamin D, sereta asam lemak omega-3.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Karena itu, jika ingin mengonsumsi dalam jumlah yang besar, pilihlah buah yang mengandung sedikit gula.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...