Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Kabar Baik, Setahap Lagi Vaksin HIV Berhasil Ditemukan

Luke Dray/Getty Images/FILE

Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) kita tahu merupakan virus berbahaya yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini akan merusak sel pertahanan manusia dan bisa mengurangi fungsinya secara perlahan.

Tanpa pengobatan, HIV bisa berkembang menjadi AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) atau Sindrom Imunodefisiensi, di mana sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan tubuh mudah terserang infeksi.

Namun kabar baik kini datang dari dunia medis, dimana uji coba vaksin HIV terbaru, yang dianggap sebagai “lemparan dadu terakhir”, sedang memasuki tahap akhir.

Uji coba itu dilakukan dengan dua vaksin dan dua bentuk profilaksis pra-paparan (PrEP), uji coba ini disebut PrEPVacc, untuk melihat efektivitas vaksin dan pencegahan penyebaran HIV.

Dilansir dari cnn.com, uji coba yang dilaksanakan di Entebbe, Uganda ini didukung internasional, yang menandai awal dari fase baru pengembangan vaksin. Namun, jika gagal ini mungkin memaksa peneliti untuk meninjau kembali pendekatan generasi vaksin ini.

Hampir 40 tahun sejak HIV diidentifikasi sebagai penyebab AIDS, komunitas medis masih belum memiliki vaksin yang efektif. Meskipun pengobatan antiretroviral ada, namun akses terhadapnya tidak merata. Pada 2022, 630.000 orang meninggal karena AIDS dan 39 juta hidup dengan HIV.

PrEPVacc diharapkan berhasil di mana upaya sebelumnya gagal. Namun, hanya ada satu uji coba di Thailand pada 2009 yang menunjukkan efektivitas sekitar 30%. PrEPVacc harus mencapai minimal 70% efektivitas untuk dianggap berhasil.

Jonathan Weber, pemimpin uji coba menyebut ini adalah evolusi dari penelitian sebelumnya. Karena melibatkan dua vaksin dengan pendekatan berbeda.

Salah satunya menggunakan DNA HIV sintetis dengan protein, sementara yang lain menggabungkan DNA dan virus cacar yang dilemahkan. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dimulai pada Desember 2020 dan melibatkan 1.513 peserta dari Afrika Selatan, Uganda, dan Tanzania, PrEPVacc menandai kolaborasi penting untuk menemukan solusi HIV setelah beberapa upaya sebelumnya tidak berhasil.

Intan Jahni
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...