Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Sejarah Hari Ini: Pangeran Charles dan Putri Diana Resmi Bercerai

Putri Diana dan Pangeran Charles

Pada tanggal 28 Agustus 1996, Pangeran Charles dan Putri Diana, Putri Wales, mengakhiri proses  perceraian mereka.

Perceraian tersebut menandai akhir dari pernikahan yang awalnya terlihat seperti dongeng, namun kemudian terganggu oleh kontroversi, dan pengakuan perselingkuhan.

Diana dilaporkan menerima jumlah pembayaran sebesar 17.000.000 poundsterling, atau sedikit lebih dari 21 juta dolar AS, serta 350.000 poundsterling per tahun untuk biaya kantor pribadi.

Setelah perceraian, Diana kehilangan gelar “Yang Mulia” dan hak atas klaim tahta. Sebagai gantinya, ia akan dikenal sebagai “Diana, Putri Wales,” 

Menurut BBC, Charles dan Diana telah sepakat untuk berbagi tanggung jawab dalam mengasuh putra-putra mereka, yaitu William dan Harry.

Saat ini, gelar “Putri Wales” dipegang oleh menantu Diana, yaitu Catherine Middleton. Pada akhir tahun 1995, juru bicara istana pada waktu itu menyatakan bahwa Ratu Elizabeth II telah memberikan persetujuannya terhadap perpisahan tersebut.

Mengulas situasi yang ada, seorang juru bicara menyatakan bahwa Ratu telah mengirim surat kepada pangeran dan putri pada awal pekan tersebut.

Dalam surat tersebut, Ratu menyatakan pandangannya, yang didukung oleh Duke of Edinburgh, bahwa perceraian menjadi pilihan yang lebih baik.

Juru bicara tersebut juga menyatakan bahwa Ratu dan Duke of Edinburgh akan terus memberikan dukungan dan bantuan semaksimal mungkin kepada Pangeran dan Putri Wales, khususnya kepada anak-anak mereka.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Perpisahan antara Diana dan Charles diumumkan pada tanggal 9 Desember 1992, melalui pernyataan yang disampaikan oleh Perdana Menteri John Major atas nama Istana Buckingham.

Melalui pernyataan resmi dari Istana Buckingham, Perdana Menteri Major mengumumkan bahwa Pangeran dan Putri Wales telah memutuskan untuk berpisah. 

Ia juga menyampaikan, “Keputusan ini diambil dengan ketenangan, dan mereka berdua akan tetap terlibat sepenuhnya dalam mendukung perkembangan anak-anak mereka.”

Ratu dan Pangeran Philip merasa “sedih” mengenai keputusan itu, namun “mengerti kesulitan yang mendorong pengambilan keputusan ini,” kata Major.

Khususnya, Ratu dan Pangeran berharap agar gangguan terhadap privasi Pangeran dan Putri dapat dihentikan. Mereka meyakini bahwa menjaga privasi dan pemahaman yang tepat sangatlah penting agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan aman. ujar Mayor.

Walaupun awalnya Diana dan Charles tidak merencanakan perceraian, situasi berubah setelah Charles mengaku dalam sebuah film dokumenter ITV pada tahun 1994 bahwa dia telah selingkuh selama pernikahan mereka.

Merujuk pada pengakuan tersebut, Diana memilih untuk mengenakan gaun  yang dikenal sebagai “gaun balas dendam” saat menghadiri pesta Vanity Fair setelah film dokumenter itu ditayangkan. Gaun malam berwarna hitam tanpa bahu tersebut dirancang oleh Christina Stambolian.

Menurut Vogue, gaun tersebut dianggap sebagai “cikal bakal dari ‘gaun balas dendam’.” Sayangnya, kehidupan Diana setelah perceraian berakhir dalam tragedi.

Pada tanggal 31 Agustus 1997, hampir setahun setelah perceraian mereka, Diana, bersama dengan Dodi Fayed, pacarnya, dan sopirnya Henri Paul, meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris. Saat itu, usianya adalah 36 tahun.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa pada saat kecelakaan, Paul berada dalam kondisi mabuk dan mengemudi dengan kecepatan tinggi. Pada tahun 2005, Charles menikah dengan Camilla Parker-Bowles. Setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, Charles menjadi raja dan mengambil gelar King Charles III.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...