Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Jarang Diungkap! Ternyata Buah Sirsak Miliki Segudang Manfaat Lho Bun, Apa Saja?

Ilustrasi/Net.

Buah sirsak tak hanya enak untuk dikonsumsi, namun didalamnya mengandung sederet manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh manusia.

Sirsak memiliki daging buah yang berserat dengan rasa segar dan sedikit asam. Buah satu ini juga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya buah sirsak paling enak bila disajikan menjadi jus.

Mengutip klikdokter, Sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2, kalsium, kalium, serat, fosfor, zat besi, zink, dan tembaga.

Berikut ini sederet manfaat yang dikaitkan dengan buah sirsak, dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Kandungan Nutrisi

Buah sirsak mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalium, serat, dan zat antioksidan. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

  1. Zat Antioksidan

Buah sirsak mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti asam askorbat, asam galat, dan asam klorogenat, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

  1. Potensi Antikanker

Beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak memiliki senyawa-senyawa yang memiliki potensi untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Namun, penelitian pada manusia masih terbatas dan diperlukan lebih banyak bukti untuk mengkonfirmasi efeknya pada kanker.

  1. Jaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam buah sirsak dapat membantu mengatur tekanan darah, dan seratnya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menjaga kadar kolesterol yang sehat.

  1. Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah sirsak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Senyawa antioksidan dalam buah sirsak dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...