Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Temui Menpora, Arab Saudi Minta Dukungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) Dito Ariotedjo menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi di Lantai 10 Graha Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (29/8). Kunjungan ini dalam rangka mempererat hubungan Arab Saudi dengan Indonesia khususnya di bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Menpora Dito menyambut baik kunjungan Dubes Arab Saudi. Apalagi hubungan Indonesia dengan Arab Saudi sudah terjalin dengan baik sejak lama.

“Arab Saudi adalah sahabat sejati. Kita sama-sama memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Dan paling penting, hubungan bilateral di bidang ekonomi dan pendidikan telah terjalin dengan baik.,” tutur Menpora.

Karena itu menurut Menpora Dito, perlu bagi kedua negara untuk semakin mempererat hubungan kenegaraan. Salah satunya berkaitan dengan kepemudaan dan keolahragaan.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi menerangkan, kedatangannya menemui Menpora salah satunya meminta dukungan dari Indonesia perihal rencana Arab Saudi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola FIFA 2030. Permintaan dukungan ini berdasarkan hubungan persaudaraan dan persahabatan dengan Indonesia.

“Hubungan baik ini bukan hanya antardua negara, tetapi juga multilateral. Kami butuh dukungan dari negara-negara sahabat, salah satunya adalah Indonesia,” ungkap Faisal.

Arab Saudi dalam hal ini meminta dukungan tertulis dari Indonesia melalui Kemenpora RI. Dukungan tertulis ini ditujukan kepada Pemerintahan Arab Saudi.

Terkait permintaan tersebut, Menpora Dito menyatakan siap memberikan dukungan sesuai dengan arahan dan persetujuan Presiden Joko Widodo.

“Kami siap berkolaborasi dengan Arab Saudi. Tentunya, hasil pertemuan ini akan saya laporkan dulu kepada Pak Presiden, dan meminta arahan selanjutnya. Beliau pastinya senang, permohonan resmi dari kerajaan Saudi Arabia membuktikan bahwa international trust yang dimiliki Indonesia diakui di percaturan global ,” urai Menpora.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain permintaan dukungan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030, kunjungan ini juga berkaitan rencana lawatan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi pada 19 Oktober mendatang. Kunjungan tersebut diharapkan menghasilkan berbagai penandatangan MoU dan kerja sama tingkat tinggi kedua negara.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...