Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Bahaya! 5 Teh Ini Bisa Merusak Kesehatan, Yuk Disimak Bun

Ilustrasi/Net.

Teh rasanya cocok diminum kapan saja untuk menemani Anda memulai aktivitas di pagi hari, bersantai di sore hari, atau membantu membuat tubuh lebih rileks dan bersiap tidur di malam hari.

Teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi siapa sangka jika ternyata ada beberapa jenis teh yang justru bisa berbahaya untuk kesehatan.

Teh juga jadi salah satu minuman kesukaan banyak orang. Teh jadi pilihan minuman bagi mereka yang tak terlalu menyukai kopi.

Tapi, bukan berarti Anda bisa sembarangan meminum teh tanpa memperhatikan dampaknya buat kesehatan.

Meminum teh tertentu mungkin dapat merusak kesehatan. Hal ini tergantung pada metode, pengolahan teh, status kesehatan peminum, dan tingkat konsumsi.

Berikut beberapa teh yang mungkin bisa berbahaya untuk kesehatan, melansir Eat This Not That.

  1. Teh licorice

Orang dengan darah tinggi perlu mempertimbangkan ulang keinginannya untuk meminum teh licorice. Pasalnya, teh satu ini dapat memicu peningkatan tekanan darah.

Peningkatan tekanan darah juga bahkan bisa dialami juga oleh mereka dengan tensi normal yang meminum teh licorice.

  1. Teh peppermint

Pada dasarnya tak ada yang salah dengan meminum teh peppermint. Hanya saja, jika Anda meminumnya secara rutin dan terus-menerus, maka masalah kesehatan menunggu.

“Terlalu banyak [konsumsi teh peppermint] dapat menyebabkan iritasi dan, dalam jumlah besar dapat menjadi racun,” ujar ahli nutrisi lainnya Celine Beitchman.

Hal ini terjadi karena mentol, sebagai bahan aktif dari peppermint, dapat memengaruhi sistem pemanasan dan pendinginan biologis manusia.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Teh lemon

Siapa sangka teh lemon juga bisa berbahaya buat kesehatan? Ahli gizi Jay Cowin mengatakan, teh lemon memiliki kadar timbal yang lebih tinggi dibandingkan lainnya.

Kadar timbal yang tinggi dalam tubuh salah satunya bisa mengganggu sistem saraf.

  1. Teh hitam

Sesekali meminum teh hitam sebenarnya tidak akan menimbulkan bahaya. Hanya saja, jika Anda menyeruputnya sepanjang hari, maka akan ada efek samping yang tidak menyenangkan.

Ahli gizi Allison Gregg mengatakan, hal ini terjadi karena kandungan kafein yang tinggi pada teh hitam.

“Minum terlalu banyak teh hitam dapat menyebabkan perasaan cemas, stres, dan gelisah,” ujar Gregg.

  1. Teh comfrey

Teh ini dipercaya memiliki khasiat sebagai obat. Namun, ahli gizi Hiba Batool mengatakan, teh ini mengandung alkaloid pirolizidin yang dapat menyebabkan kerusakan hari.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Public Health Nutrition pada 2004 laku mencatat, ‘konsumsi teh herbal yang terbuat dari daun comfrey mungkin merupakan tindakan yang keliru’. Salah satu pasalnya adalah karena ditemukannya potensi toksisitas hati.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...