Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Fakta atau Fiksi: Ini Tips Tumbuhkan Rambut yang Layak Dicoba

Ilustrasi mimpi rambut rontok/Freepik /

Media sosial Instagram penuh dengan tips perawatan rambut. Mulai dari influencer memuji serum “ajaib” hingga rutinitas terperinci, dengan  tips yang  beragam.

Tapi apakah benar tips tersebut akan berhasil atau malah sebaliknya?

Berikut beberapa tips viral tentang pertumbuhan rambut dari Instagram dan berkolaborasi dengan seorang ahli, yaitu Dokter Kulit Kosmetik Bersertifikat Internasional, Dr. Michele Green, sebagaimana dilasir dari News yahoo.com

Fakta atau fiksi: Kesehatan kulit kepala berperan penting

Hasilnya: Fakta. Kulit kepala yang sehat bukan hanya dasar bagi rambut yang baik – ini adalah tempat di mana akar rambut tumbuh. Seperti tanaman yang tumbuh subur dalam lingkungan bersih dan bergizi, folikel rambut berkembang dengan baik dalam lingkungan yang terjaga dan bernutrisi. 

Fakta atau fiksi: Perawatan minyak mingguan

Kesimpulannya: Tergantung. Perawatan minyak untuk rambut telah digunakan dalam rutinitas kecantikan selama lama, tetapi apakah efektif untuk pertumbuhan rambut? 

Dr. Green mengatakan “Rambut mengeluarkan sebum alami untuk menjaga hidrasi; meski begitu, rambut bisa tetap kering dan memerlukan lebih banyak kelembaban. Menggunakan minyak sebelum atau sesudah keramas dapat mendukung folikel rambut, melindungi kulit kepala dengan lapisan alami, mengurangi kekeringan, dan memperkuat batang rambut.”

Fakta atau fiksi: Keramas 1-2x Per Minggu

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kesimpulannya: Tergantung. Apakah keramas yang jarang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut? 

Menurut Dr. Green, “Seberapa sering Anda harus keramas per minggu tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis dan panjang rambut Anda. Orang dengan rambut keriting atau kasar mungkin perlu keramas lebih jarang karena rambut mereka cenderung lebih kering daripada yang lurus.”

Fakta atau fiksi: Air minum meningkatkan pertumbuhan rambut

Kesimpulannya: Kemungkinan. Meski tidak ada bukti ilmiah langsung yang mengaitkan hidrasi dengan pertumbuhan rambut.

Namun, Hidrasi juga berpotensi meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan kulit kepala. Jadi, meskipun minum air tidak langsung mempercepat pertumbuhan rambut, itu tetap penting untuk kesehatan.

Fakta atau fiksi: Gunakan Serum Penebalan Harian

Kesimpulannya: Sebagian besar fiksi. Apakah Anda menyebutnya serum atau ramuan, produk penebal rambut sangat dipromosikan di Instagram dan seringkali dibeli tanpa pertimbangan. Faktanya, tidak semua serum penebal (atau serum pertumbuhan rambut) memiliki efek yang sama, dan mencari produk dengan bahan yang sesuai dengan kondisi rambut kita itu penting.

Dr. Green menjelaskan bahwa “Efektivitas serum bergantung pada formulanya dan seberapa konsentrasinya. Bahan seperti Minoxidil, biotin, serta vitamin C dan B, semuanya memiliki bukti klinis dalam mendukung kesehatan rambut.”

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...