Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Muchlas Rowi: Curiousity, Bekal Anak Muda Tumbuhkan Minat Belajar

Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) mengggelar Wisuda Program Magister, Sarjana dan Diploma III Ke-28 pada Rabu 30 Agustus 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bendahara Majelis Diktilitbang PP. Muhammadiyah Dr. Muhammad Muchlas Rowi, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi dan Rektor UMMI Sakti Alamsyah.

Di hadapan ratusan wisudawan, Wakil Bendahara Majelis Diktilitbang PP. Muhammadiyah Dr. Muhammad Muchlas Rowi menyampaikan tahniah dan rasa syukur atas kelulusan wisudawan sebagai sarjana. Muchlas mengingatkan bahwa setelah lulus dari perkuliahan, kehidupan seringakali tidak ideal, ada perbedaan antara dunia pekerjaan dengan apa yang dipelajari di kampus.

Untuk itu, Muchlas berpesan para anak muda yang baru lulus dari pendidikan kampus tidak perlu khawatir jika mendapatkan pekerjaaan tidak sesuai dengan jurusan kuliah. Ia pun mencontohkan Bill Gates sebagai lulusan jurusan hukum dan Steve Jobs lulusan jurusan seni, bukan jurusan teknologi mampu menghasilkan produk-produk yang mengglobal.

“Saya sendiri adalah lulusan jurusan filsafat yang sekarang menjabat sebagai Komisaris Independen PT. Jamkrindo,” terang Muchlas dalam sambutannya.

Muchlas menambahkan kunci dari permasalahan tersebut adalah curiousity, atau rasa ingin tahu. Aspek ini harus terus ditumbuhkan dalam diri anak muda. Sebab dengan adanya rasa ingin tahu, dorongan untuk menguasai bidang-bidang pekerjaan di luar jurusan kampus menjadi sangat mungkin.

Muchlas pun menambahakn lulusan UMMI harus menumbuhkan rasa percaya diri dan terus mengupgrade keahlian. Misalnya dalam dunia bisnis digital, dimana dahulu metode pemasaran digital melalui e-commerce, sekarang sudah tergantikan oleh live commerce.

“Sekarang ini, orang memasarkan barang tidak lagi dengan e-commerce, melainkan live commerce. Banyak keahlian yang sebenarnya bisa didapatkan dan akan menjadi modal bagi kesuksesan dan dalam hal apapun, kepercayaan diri itu menjadi hal penting,” tambahnya.

Menjelang akhir sambutannya, Muhammad Muchlas Rowi memberi motivasi agar wisudawan UMMI bisa jadi lulusan jempolan. Menurutnya, lulusan jempolan kembali ke kampus dan berkontribusi konkrit bagi pengembangan kampus almamaternya.

“Lulusan UMMI akan menjadi orang-orang yang besar. Kembali ke almamater dengan untuk membesarkan UMMI. Bawa uang dan bantu di sini. UGM dan Harvard besar karena alumni yang berdedikasi. Mereka kembali ke kampus untuk menyumbang dana dan wakaf. Itulah contoh lulusan jempolan,” tutupnya

Advertisement. Scroll to continue reading.
Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...