Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Negara Ini Uji Coba Paspor Digital, Pertama Di Dunia

Eropa telah mulai melakukan uji coba paspor digital, yakni Negara Finlandia yang menjadi negara pertama untuk menguji paspor digital. Jika berhasil, maka pelancong dari Finlandia tidak membutuhkan paspor fisik untuk pergi ke luar negeri.

Uji coba diberlakukan untuk penerbangan menuju Inggris. Petugas di perbatasan Finlandia mengumumkan dokumen perjalanan digital itu dicoba di Bandara Helsinki.

Seperti dikutip dari Schengenvisainfo, uji coba paspor digital ini dilakukan bersama stakeholder seperti Finnair, Kepolisian Finlandia, serta perusahaan bandara Finavia. Uji coba ini berlangsung sejak 28 Agustus 2023 sampai Februari 2024.

“Penjaga Perbatasan Finlandia mengundang penumpang penerbangan Finnair Britania Raya untuk menguji dokumen perjalanan digital mereka di pemeriksaan perbatasan di Bandara Helsinki-Vantaa mulai 28 Agustus 2023. Pelanggan Finnair pada rute London, Manchester, dan Edinburgh memiliki kesempatan untuk melewatinya. Kontrol perbatasan lebih cepat dan lancar dari biasanya tanpa antri,” jelas Penjaga Perbatasan Finlandia dalam keterangan persnya.

Penumpang bisa mendaftar sebagai sukarelawan pengguna paspor digital alias Digital Travel Credentials (DTC) supaya bisa melewati prosedur yang lebih cepat. Usai mendaftar, sukarelawan bakal bisa memakai dokumen digital mereka ketika bepergian dari dan ke Finlandia.

Tapi, penumpang perlu mengetahui bahwa dokumen perjalanan digital itu cuma bisa diuji di Bandara Helsinki. Bagi warga Finlandia yang mendaftar ke sistem bisa menguji paspor digital sampai akhir Februari 2024.

Situs Penjaga Perbatasan Finlandia menyebut, DTC merupakan versi digital dari paspor fisik. Bagi siapapun yang akan mengikuti uji coba penggunaan paspor digital diminta mendaftar di situs web perbatasan.

Kemudian, setelah itu dapat mengunduh aplikasi dokumen perjalanan digital FIN DTC Pilot, mendaftar ke polisi dan mengirimkan data dari aplikasi tersebut ke Penjaga Perbatasan Finlandia empat hingga 36 jam sebelum penerbangan ke Inggris.

“Dokumen perjalanan digital DTC sekarang sedang diuji dalam pengawasan perbatasan yang sebenarnya, dilaporkan untuk pertama kalinya di dunia,” terang penjaga perbatasan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penjaga Perbatasan Finlandia menekankan, paspor digital ini bisa diandalkan layaknya paspor fisik. Saat ini Komisi Eropa mengembangkan DTC sebagai bagian dari paket kebijakan identitas digital luas yang mencakup beberapa layanan.

Uni Eropa turut mendanai proyek percontohan Finlandia dengan menyumbang 2,3 juta euro. Apabila proyek di Finlandia ini terbukti sukses, penumpang tidak perlu lagi membawa dokumen perjalanan fisik di masa depan. Ini juga membuat proses perjalanan lebih mudah dan sederhana.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...