Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Menengok Indahnya Telaga Hitam Di Pedalaman Papua

ALE WILD

Kabupaten Puncak Jaya, khususnya di sekitar Kota Mulia Papua, Kota yang terletak di ketinggian kurang lebih 2448 meter di atas permukaan laut ini ternyata menyimpan tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Seorang youtuber asal Papua Tommy Saprikan Kahar pemilik channel youtube ALE WILD, membagikan sebuah video bagaimana indahnya Telaga Hitam dan perjalanan yang ia tempuh untuk menuju ke tempat itu. 

Perjalanan Tommy yang ditemani kawannya asal daerah itu, Kabut Mulia, diawali dari melewati wilayah Pos Merah Putih yang merupakan salah satu destinasi wisata juga di Kabupaten itu. 

Meski jalur yang dilewati untuk menuju tempat tersebut banyak sekali bebatuan, tetapi selama perjalan kita bisa menikmati keindahan Kota Mulia dari atas.

Jalur tersebut juga biasanya digunakan untuk perjalanan antar distrik untuk menuju Kota Mulia.

Jarak yang di tempuh dari Kota Mulia menuju Telaga Hitam menghabiskan waktu kurang lebih 20 menit.

Telaga Hitam merupakan sebuah telaga yang dikelilingi pepohonan hijau yang berada diketinggian kurang lebih sekitar 3000 di atas permukaan laut.

“Kenapa disebut Telaga Hitam karena kontur airnya berwarna hitam, mungkin karena akar-akar pohon yang ada di sekitar sini, tidak ada irigasi keluar masuknya air jadi warnanya hitam” ujar Kabut Mulia dalam video tersebut.

Telaga ini terbentuk karena tingginya aktivitas curah hujan disepanjang tahun di wilayah Kabupaten Puncak Jaya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meskipun air yang berada di tempat ini kurang jernih atau berwarna hitam, tetapi di tempat ini masih di gunakan untuk beraktivitas seperti mandi oleh sebagian masyarak di Kota Kulkas ini.

Revana Khatarina
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...