Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Motor Matik Merasa Tak Bertenaga, Cek Cara Mengatasinya

Ilustrasi/Net.

Motor matik terkadang menemui kendala, seperti tidak bertenaga yang suka dialami banyak pengguna terutama oleh mereka yang menggunakan motor yang sudah lama.

Kondisi tersebut dapat mengganggu saat berkendara karena tarikan motor terasa berat. Selain itu, hal ini juga bisa berdampak pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Periksa Bahan Bakar

Pastikan tangki bahan bakar Anda cukup terisi dan bensin atau campuran bahan bakar (jika Anda menggunakan bahan bakar campuran) adalah yang sesuai. Bahan bakar yang kualitasnya buruk atau tercemar dapat mempengaruhi kinerja mesin.

  1. Periksa Busi

Busi yang kotor atau rusak dapat mengakibatkan mesin menjadi lemah sehingga dapat menyebabkan motor matik tidak bertenaga. Periksa apakah busi Anda dalam kondisi baik, bersihkan atau ganti jika perlu. Pastikan juga celah busi sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  1. Filter Udara

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara ke mesin dan mengurangi tenaga. Pastikan filter udara bersih atau gantilah jika sudah kotor.

  1. Sistem Bahan Bakar

Periksa selang bahan bakar, filter bahan bakar, dan karburator (jika motor Anda memiliki karburator). Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan bersih. Jika karburator tersumbat, Anda mungkin perlu membersihkannya.

  1. Pengapian

Sistem pengapian yang buruk dapat mengakibatkan motor matik tidak bertenaga karena mesin tidak berfungsi dengan baik. Periksa sistem pengapian, termasuk kabel busi dan koil pengapian, serta pastikan bahwa pengapian berada pada titik yang tepat.

  1. Oli Mesin

Pastikan level oli mesin dalam kondisi yang sesuai. Oli yang rendah atau kualitasnya buruk dapat merusak mesin dan mengurangi tenaga.

  1. Masalah Elektrikal

Beberapa masalah elektrikal seperti kabel yang putus atau aki lemah juga dapat mengurangi tenaga motor. Periksa sistem elektrikal Anda dan pastikan semuanya dalam kondisi baik.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...