Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Reaksi Bule Saat Minum Alkhohol Tradisional Indonesia

Foto: Kanal YouTube Lost Boy

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner tradisional. Setiap daerah memiliki makanan khas yang menjadi daya tarik, dan membuat orang penasaran untuk mencobanya. Tak hanya makanan, Indonesia juga punya beragam minuman tradisional, bahkan hingga yang mengandung alkohol.

Di beberapa daerah Indonesia, minuman beralkohol merupakan bagian dari tradisi lokal. Misalnya, tuak atau arak yang dibuat dari bahan seperti kelapa atau nira pohon aren. Minuman ini biasanya digunakan dalam upacara adat atau perayaan.

Hal itu tentu mengundang penasaran orang-orang untuk bisa mencobanya. Termasuk para orang asing atau bule, yang secara norma dan kebudayaan, meminum minuman beralkohol merupakan suatu kebiasaan yang lazim dilakukan sehari-hari.

Seperti pada kanal YouTube The Lost Boys, 2 orang Youtuber asal Amerika bernama Ron dan Cheyne mencoba minuman beralkohol Indonesia, yakni ciu, yang berasal dari Bekonang, Kabupaten Sukoharjo.

Tiga jenis rasa minuman diberikan kepada mereka, yaitu rasa pisang, rasa ketan hitam, dan rasa asli dari alkohol itu sendiri. Mereka memulai dengan mencoba rasa pisang terlebih dahulu.

“Ini yang paling terkenal, nama aslinya yaitu Gedang Klutuk dalam bahasa Jawa,” ungkap Seno.

“Rasanya tidak buruk,” sambung Rob.

Mereka mengungkapkan bahwa rasa pisang memiliki kandungan alkohol sekitar 25%.

Kemudian, mereka mencicipi rasa ketan hitam. “Rasanya enak juga, tingkat kemanisannya serupa dengan rasa pisang, tapi ada sedikit perbedaan,” lanjut Rob dengan komentarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Rasa ketan hitam memiliki harga paling mahal, yaitu 25.000 rupiah untuk satu setengah liter.

Terakhir, mereka mencoba rasa asli ciu, yang memiliki harga paling terjangkau di antara ketiga minuman tersebut, hanya 15.000 rupiah.

“Rasanya agak kasar, seperti terbakar di tenggorokan,” ujar Cheyne.

Seno menjelaskan bahwa ini adalah tradisi yang sebenarnya, dua rasa sebelumnya adalah penemuan jaman modern.

Setelah mencoba semua jenis minuman, mereka memutuskan minuman mana yang menjadi favorit mereka. Ketika divoting, rasa ketan hitam mendapat dua suara, sementara rasa pisang mendapat satu suara.

Dinda Tri
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...