Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Inilah Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Memencet Jerawat di Wajah

thinkstockphotos.com

Sebuah video TikTok dengan 3,6 juta penonton yang diposting oleh Dr. Ever Arias, seorang dokter residen di UCI Medical Center, menjadi viral baru-baru ini, membuat semua orang takut akan apa yang dapat terjadi jika kita memencet jerawat di hidung.

Video TikTok tersebut menunjukkan penggambaran AI dari seorang gadis yang menceritakan kisah pribadinya saat memencet jerawat yang mengganggunya, yang menyebabkan infeksi bakteri dan akhirnya membunuhnya. Arias bereaksi dalam video di sampingnya, mencatat bahwa kita tidak boleh menyentuh jerawat di bagian wajah kita yang disebut “segitiga kematian.”

Muneeb Shah, seorang dokter kulit bersertifikat, juga bereaksi terhadap cerita di TikTok, dengan mengatakan dalam keterangannya, “Hal ini mungkin saja terjadi tapi sangat jarang terjadi.”

“Segitiga kematian” yang dimaksud Arias dalam video TikTok mengacu pada segitiga nasolabial, yang memanjang dari pangkal hidung ke bibir atas – tempat di mana jerawat, termasuk jerawat dan komedo, biasanya muncul. Ini juga merupakan area di mana arteri dan saraf yang besar dan vital mengalir dari leher kita ke sinus dan ke tengkorak.

Meskipun menggoda, jerawat yang muncul di bagian wajah ini dapat menyebabkan kondisi serius, termasuk infeksi hidung, kehilangan penglihatan, stroke, dan bahkan kematian. Jadi lebih baik kita menunggu sampai jerawat hilang dengan sendirinya.

“Jika Anda memencet wajah dengan jari yang kotor, kuku yang kotor, atau kulit yang kotor, Anda berisiko menyebabkan infeksi kulit,” kata Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi di Mount Sinai, New York.

“Di wajah bagian tengah, hal ini sangat berisiko karena darah di area ini mengalir ke kumpulan pembuluh darah yang dikenal sebagai sinus kavernosus, yang memiliki koneksi langsung ke otak,” kata Zeichner. “Jadi secara teoritis, bakteri dalam aliran darah dapat menyebar ke otak, menyebabkan infeksi sistemik yang parah.” tambahnya.

Terlepas dari risiko-risiko ini, beberapa orang tidak dapat menahan keinginan untuk memencet jerawat. Bagaimana jika kita akhirnya memencet jerawat di wajah kita? Adakah tindakan pencegahan yang dapat kita lakukan untuk menghindari infeksi bakteri?

Sayangnya, tidak ada cara yang tepat untuk memencet jerawat. Sebagai gantinya, Dr. Elizabeth Bahar Houshmand merekomendasikan untuk tetap melakukan rutinitas perawatan kulit untuk membantu jerawat hilang dengan sendirinya, mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, dan menemui ahli kecantikan jika jerawat benar-benar mengganggu kita.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Gunakan langkah-langkah pencegahan, seperti rutinitas perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan pelawan jerawat seperti BPO [benzoil peroksida], asam hidroksi, dan retinoid,” kata Houshmand.

“Tambalan jerawat dengan asam salisilat membantu mengurangi peradangan dan karena jerawat tertutup, Anda tidak akan bisa memetiknya. Jika jerawat meradang, gunakan kompres dingin atau es untuk membantu.” tambahnya.

Kemudian jangan mencoba ekstraksi jerawat sendiri bisa lebih berbahaya daripada manfaatnya. Menurut Associated Skin Care Professionals, mencoba melakukan ekstraksi sendiri di rumah dapat merusak pori-pori kita, menyebarkan bakteri, dan menyebarkan jerawat.

Sebaiknya, kunjungi ahli kecantikan terlatih atau ahli perawatan kulit terlatih, yang akan melakukan ekstraksi menggunakan produk dan perangkat perawatan kulit yang tepat.

“Ketika dilakukan dengan cara yang benar, dengan alat yang bersih dan tanpa memberikan terlalu banyak tekanan yang dapat menyebabkan trauma pada kulit, mereka dapat secara efektif memperbaiki warna kulit,” kata Zeichner.

Lalu jangan lupa mencuci tangan kita karena infeksi disebabkan oleh penyebaran bakteri, penting untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah kita untuk memastikan bakteri berbahaya tidak masuk ke dalam pelindung kulit. Menggunakan tisu atau handuk basah dapat membantu melindungi wajah kita.

Menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci tidak akan membantu membersihkan jerawat lebih cepat. Secara umum, menjaga kebersihan tangan dapat menjauhkan bakteri yang tidak diinginkan dari wajah Anda.

“Sebagian besar jerawat akan sembuh dengan sendirinya,” kata Shah.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Revana Khatarina
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...