Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Air Rebusan Daun Sirsak Memiliki 5 Manfaat Untuk Kesehatan

Ilustrasi/Net.

Manfaat air rebusan daun sirsak untuk kesehatan sangat beragam. Daun sirsak sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional berbagai penyakit yang sudah terbukti secara ilmiah.

Ini karena air rebusan daun sirsak memiliki sifat antidiabetes, anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-parasit. Daun ini dapat membantu melawan sel tumor, mengendalikan peradangan, mengobati anemia, mengatur kadar gula darah, dan melindungi kesehatan mulut.

Seperti obat lainnya, air rebusan daun sirsak juga dapat menyebabkan disfungsi neuron dan menurunkan tingkat tekanan darah terlalu banyak pada individu tertentu.

Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter untuk mengetahui dosis aman sebelum mengonsumsinya. Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Berikut manfaat air rebusan daun sirsak dan efek sampingnya dilansir dari Style Craze, Jumat (8/9/2023).

  1. Melindungi Kesehatan dan Mulut

Daun sirsak bersifat bakterisida dan fungisida. Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat digunakan melawan mikroba mulut sampai batas tertentu. Ekstrak daun ini memiliki sifat antimikroba dan fungisida.

Strain ini ditemukan menyebabkan periodontitis, gingivitis, dan penyakit mulut lainnya. Eksperimen laboratorium melaporkan efek antimikroba dari daun sirsak. Mereka paling ampuh melawan jamur candida albicans. Hasil ini menunjukkan potensi daun sirsak dalam mengobati gangguan mulut.

  1. Mengatasi Diabetes

Pemberian harian 100 mg/kg ekstrak sirsak encer pada tikus menunjukkan kontrol glikemik yang kuat. Daun sirsak dapat membantu meningkatkan metabolisme glukosa.

Tikus yang diberikan daun sirsak selama 28 hari menurunkan kadar glukosa darah dan kadar kreatinin serum. Temuan ini juga membuktikan daun sirsak dapat menyeimbangkan aktivitas enzim hati. Tingkat kolesterol total dan trigliserida juga dipulihkan.

  1. Mengobati Insomnia

Secara tradisional, daun sirsak telah digunakan untuk mengobati insomnia. Daun ini memiliki aktivitas relaksan otot polos dan bertindak sebagai obat penenang. Mengonsumsi segelas teh daun sirsak juga dapat membantu meredakan stres.

  1. Mengontrol Peradangan

Studi telah mengidentifikasi lebih dari 117 senyawa dalam daun sirsak yang memiliki sifat antiinflamasi. Ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat antiinflamasi, antioksidan, dan penyembuhan luka pada tikus.

Rebusan daun dioleskan untuk efek antirematik dan neuralgiknya. Ini juga mengurangi atau menyembuhkan abses dan luka. Ekstrak daun sirsak juga dapat meredakan kondisi peradangan akibat sistitis, rematik, nyeri rematik, demam, diare, malaria, parasit, dan ruam kulit.

  1. Pengobatan Kanker

Studi menunjukkan efek antiproliferatif dan sitotoksik dari ekstrak daun sirsak terhadap kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit. Bahan bio aktif annonaceous acetogenins (AGEs) dalam daun ini memiliki sifat antikanker.

Mereka membunuh sel kanker dengan menghambat kompleks mitokondria I, protein sel kanker. Namun, penelitian yang lebih lanjut diperlukan untuk memastikan keamanan dan efektivitas sirsak dan daunnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Efek Samping Air Rebusan Daun Sirsak

Sirsak dan daunnya mengandung alkaloid. Studi menunjukkan hal ini dapat menyebabkan disfungsi dan degenerasi neuron pada penderita sindrom parkinson. Daun sirsak juga dapat menurunkan tekanan darah terlalu banyak. Oleh karena itu, individu yang menggunakan obat penurun tekanan darah harus berhati-hati.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...