Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Redakan Nyeri Sendi, Sederet Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun Sirih/Net.

Daun sirih sejak dulu sudah dikenal sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit. Untuk mengetahuinya lebih jauh, berikut ini sejumlah manfaat daun sirih untuk kesehatan lengkap dengan cara mengonsumsi serta efek sampingnya.

Daun sirih alias paan telah menjadi bagian budaya India selama berabad-abad. Daun kecil namun beraroma kuat ini telah memikat hati dan selera jutaan orang India untuk berbagai perayaan.

Daun sirih juga banyak tumbuh di Indonesia. Mengutip laman Kemenkes, daun ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonois, fenol, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Ada dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai yakni daun sirih hijau dan sirih merah. Keduanya sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Mulai dari mengontrol gula darah hingga menghilangkan gejala stres, berikut ini sejumlah manfaat daun sirih untuk kesehatan.

  1. Menyehatkan saluran pencernaan

Manfaat pertama dari daun sirih mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh. Kandungannya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

Selain itu, daun sirih juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi sembelit. Air rebusannya diklaim bisa membantu kelancaran buang air besar.

  1. Menyembuhkan luka

Daun Sirih, terutama yang berjenis merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini beperan penting dalam penyembuhan luka.

Selain saponin, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.

  1. Memelihara kesehatan gigi dan mulut

Melansir Healthshots, daun sirih mengandung banyak sifat antimikroba yang meredakan bau mulut, gigi menguning, plak, dan kerusakan gigi. Mengunyah sedikit pasta yang terbuat dari daun sirih setelah makan bermanfaat bagi kesehatan mulut.

Ini juga meredakan sakit gigi, nyeri gusi, bengkak, dan infeksi mulut. Ahli gizi selebriti Shweta Shah mengatakan daun sirih memiliki sifat antiseptik alami yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan meningkatkan kebersihan mulut.

  1. Menjaga sistem pernafasan

Daun sirih terutama digunakan dalam Ayurveda untuk pengobatan penyakit pernafasan seperti batuk, bronkitis, dan asma.

Senyawa yang ditemukan di daunnya membantu meredakan hidung tersumbat dan meningkatkan pernapasan.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Sifat antiseptik dan antijamur

Menukil NetMeds, daun sirih memiliki khasiat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol, yang memberikan perlindungan ganda terhadap kuman. Ini juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

Sifat antijamurnya yang luar biasa memberikan bantuan instan dari infeksi jamur. Mengoleskan pasta daun sirih dapat membunuh infeksi jamur di daerah yang terkena.

  1. Meredakan nyeri sendi

Senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam daun sirih dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan nyeri pada persendian yang terkait dengan penyakit seperti rheumatoid arthritis dan osteoporosis.

Menghangatkan seikat daun sirih segar dan mengikatnya erat-erat. Tulang dan sendi yang terkena dampak secara signifikan mengurangi intensitas nyeri, peradangan di wilayah tersebut dan meringankan gejala radang sendi.

  1. Mengelola diabetes

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih berpotensi menurunkan lonjakan gula darah pada pasien diabetes tipe 2 yang baru terdiagnosis.

Daun sirih merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan stres oksidatif dan menurunkan peradangan akibat glukosa darah yang tidak terkontrol dan mendukung pengelolaan diabetes melitus.

  1. Meredakan stres

Mengunyah daun sirih dapat meredakan stres dan kecemasan. Ini menenangkan tubuh dan pikiran, dan senyawa fenolik yang ditemukan dalam daun sirih melepaskan senyawa organik katekolamin dari tubuh.

Karena itu, mengunyah daun sirih dapat membantu menghindari perubahan suasana hati yang sering terjadi.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...