Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Kerap Ngantuk Usai Makan Siang, Atasi dengan Cara Ini

Ilustrasi/Net.

Makan siang dilakukan selepas beraktivitas dari pagi. Namun setelahnya, muncul rasa kantuk padahal pekerjaan masih menumpuk. Bagaimana cara mengatasi ngantuk usai makan siang?

Melaksanakan makan siang yang dipikir bisa memberikan energi, malah kerap memicu kantuk.

“Sebagai ahli diet terdaftar (ahli gizi), saya sering mendengar orang mengatakan hal seperti itu selama karier saya, jadi menurut saya cukup umum bagi orang-orang untuk memberikan respons seperti itu,” kata Julie Stefanski, ahli gizi.

Mengantuk setelah makan siang umum diistilahkan sebagai kantuk postprandial atau bahasa populernya ‘food coma’.

Fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Sandra Arevalo, direktur kesehatan dan kesejahteraan di Montefiore Nyack Hospital, New York, menjelaskan saat makan sebagian besar darah mengalir ke organ pencernaan untuk memproses makanan.

Setelah seseorang makan, tubuh bisa memproduksi lebih banyak serotonin atau neurotransmitter yang mengatur tidur dan mood. Rasa kantuk setelah makan siang bukan berarti ada sesuatu yang salah.

Akan tetapi demi melanjutkan pekerjaan, rasa kantuk ini tentu harus bisa diatasi. Berikut cara melawan ngantuk setelah makan siang.

  1. Peregangan atau jalan kaki

Aktivitas fisik akan meningkatkan aliran darah, memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan otot. Secara alami, proses ini akan menghasilkan energi.

Carl bazil, direktur Division of Epilepsy and Sleep di Columbia University, merekomendasikan olahraga sebelum kantuk menyerang misal melakukan peregangan, naik tangga atau sekadar jalan kaki di sekitar gedung kantor.

  1. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet mampu mengusir kantuk secara instan. Melansir dari The Healthy, studi di St. Lawrence University menemukan mahasiswa yang mengunyah permen karena sebelum ujian, mampu memberikan performa lebih baik ketimbang yang tidak.

Akan tetapi, sebaiknya jangan dilakukan berlebihan atau terlalu lama. Peneliti menemukan mengunyah permen karet lebih dari 15-20 menit bisa menurunkan stimulasi mental.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Melihat ke luar

Suasana ruang kantor yang tidak terlalu terang bisa membuat rasa kantuk makin parah. Anda sebaiknya keluar ruangan atau ke dekat jendela agar terpapar cahaya cukup terang.

Seperti dilansir dari Medical News Today, studi pada 2015 menemukan orang yang terekspos cahaya terang setelah makan siang bisa mengurangi rasa lelah.

  1. Minum air putih

Dehidrasi bisa mengakibatkan kelelahan, mood menurun, dan susah konsentrasi. Setelah makan siang, minum segelas air putih atau lebih agar lebih segar.

  1. Memutar lagu favorit

Mendengarkan musik selama bekerja bisa meningkatkan produktivitas. Saat jam kerja dimulai lagi, coba nyalakan lagu-lagu favorit untuk membantu Anda tetap terjaga.

Hal ini dibuktikan secara ilmiah. Studi yang dipimpin Teresa Lesiuk, asisten profesor di University of Miami, melibatkan 56 partisipan untuk mendengarkan musik selama bekerja dalam 3 minggu.

Ketika mereka tidak mendengarkan musik, kualitas kerja mereka sangat rendah dan memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan.

  1. Ngopi

Setelah makan siang, Anda bisa melanjutkan dengan minum kopi. Ngopi sebagai salah satu cara melawan ngantuk yang cukup ampuh. Sebaiknya minum kopi tidak dilakukan terlalu sore sebab kafein bertahan dalam tubuh cukup lama dan mempengaruhi tidur Anda.

Ngopi sore malah menciptakan lingkaran setan di mana Anda susah tidur dan lelah keesokan harinya. Rata-rata orang memerlukan waktu 3-5 untuk menghilangkan setengah kafein yang dikonsumsi.

  1. Bermain dengan hewan peliharaan

Cara ini sangat mungkin dilakukan jika Anda bekerja di rumah (work from home) dan punya hewan peliharaan. Interaksi dengan hewan meningkatkan hormon oksitosin yang memicu ketenangan dan fokus.

Akan tetapi jika Anda bekerja dari kantor, cek saja foto-foto hewan peliharaan untuk menumbuhkan motivasi. Video hewan pun bisa membantu. Peneliti Jessica Gall Myrick dari Indiana University menemukan menonton video kucing mampu meningkatkan energi dan motivasi.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...