Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Anak Muda Diundang Ikut Acara Menarik Sambut Hari Batik Nasional

Foto: dok. Museum Batik Indonesia

Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional 2023 yang akan datang pada tanggal 2 Oktober, Museum Batik Indonesia telah merencanakan berbagai acara menarik yang dapat diikuti oleh masyarakat, terutama generasi muda.

Perayaan Hari Batik Nasional 2023 dengan tema “Batik Bangkit” adalah hasil kerjasama antara Yayasan Batik Indonesia (YBI) dan Museum Batik Indonesia, bertujuan untuk melestarikan warisan budaya batik di Indonesia.

Dalam upaya untuk mengatasi dampak pandemi, harapannya adalah industri batik dapat pulih dan berkembang di semua aspek, termasuk produksi, perdagangan, inovasi, dan pengembangannya melalui agenda ini. 

YBI telah menetapkan berbagai program pendidikan yang ditujukan khusus kepada generasi muda, terutama Gen Z, dengan fokus pada keindahan keragaman budaya batik yang meliputi wilayah dari ujung Pulau Sumatera hingga ke tanah Papua.

Ada beberapa acara menarik yang dapat dilihat dan diikuti bersama dalam rangka pelestarian batik pada peringatan Hari Batik Nasional 2023 di Museum Batik Indonesia, diantaranya:

1.Pemecahan Rekor Muri 

Dalam rangkaian acara ini, nantinya akan ada sejumlah pengrajin batik yang telah dipilih secara selektif karena keahlian mereka dalam menciptakan karya batik yang akan digunakan untuk menghasilkan karya seni untuk IKN (Indonesia Kreatif Nusantara). 

2.Lomba Karya Tulis Ilmiah Tentang Batik

Lomba ini telah diadakan beberapa waktu lalu. Lomba ini terbagi dalam berbagai kategori, termasuk untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Hasil dari lomba ini akan diumumkan pada acara puncak perayaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

3.Pendidikan Tentang Batik Kepada Para Pelajar

Para pelajar akan memiliki kesempatan untuk mengunjungi Museum Batik Indonesia dan mengikuti sesi membatik bersama para pembatik dari berbagai daerah. Para pelajar akan memiliki kesempatan untuk mengunjungi Museum Batik Indonesia dan mengikuti sesi membatik bersama para pembatik dari berbagai daerah. 

4.Pagelaran Pusana Batik 

Agenda ini bertujuan untuk mewakili kekayaan budaya batik dari berbagai daerah di Indonesia. Para pengrajin batik dari berbagai wilayah akan berpartisipasi dengan mempersembahkan karya busana batik mereka. Archangela Yudi Aprianingrum, Kepala Unit Museum Batik Indonesia Sub Koordinator Museum Nasional Indonesia dan Museum Batik Indonesia, menjelaskan bahwa agenda ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan dan mengangkat budaya Batik Indonesia yang merentang dari Sumatera hingga Papua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...