Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Pas Dinikmati Saat Cuaca Panas, Deretan Kuliner Manis Khas Sunda

Setiap daerah tentunya memiliki kuliner khas. Termasuk Jawa Barat yang juga memiliki banyak sekali kuliner mulai dari makanan hingga minuman berbagai macam khususnya yang bercita rasa manis.

Dari banyaknya kuliner manis ciri khas Sunda, terdapat beberapa yang cocok dinikmati saat cuaca panas seperti sekarang.

Apalagi jika dinikmati dalam keadaan dingin, perpaduan manis dan dinginnya bisa menyegarkan tubuh.

Nah, berikut beberapa kuliner khas Jawa Barat yang cocok dinikmati saat cuaca panas.

  1. Es Cendol

Es cendol menjadi salah satu minuman yang sudah sangat terkenal di Jawa Barat. Minuman yang memiliki rasa manis ini sangat cocok untuk melepaskan dahaga di waktu cuaca panas menyengat.

Es cendol khas Jawa Barat terdiri dari berbagai bahan dasar dan cendolnya sendiri terbuat dari tepung beras, sementara untuk melengkapinya ditambah santan serta gula merah.

Untuk menambah rasa, biasanya ada tambahan buah nangka sebagai toping yang akan membuat minuman ini makin terasa segar.

  1. Es Goyobod

Selain es cendol, minuman yang terkenal di Jawa Barat yaitu es goyobod. Kuliner satu ini kerap menjadi buruan untuk melepas dahaga ketika cuaca panas.

Es goyobod begitu memikat dengan rasanya yang manis, segar, serta warna yang cantik perpaduan buah alpukat, agar, kolang-kaling, pacarcina, dan lain-lain.

Menurut beberapa sumber, goyobod dalam Bahasa Sunda berarti campuran minuman yang terbuat dari tepung kanji kemudian dicampur sirup dan gula merah.

Penjualnya kuliner satu ini bisa ditemukan dengan mudah terutama di daerah Bandung, Jawa Barat.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Kolak Peuyeum

Siapa sangka jika peuyeum atau fermentasi dari singkong ini bisa dijadikan kuliner manis yang menyegarkan. Selain nikmat disantap saat masih hangat, kolak ini juga bisa dinikmati saat cuaca panas yaitu dengan menambahkan es batu agar membuatnya makin menyegarkan.

Kolak peuyeum juga bisa dengan mudah dibuat di rumah, umumnya bahan-bahan yang digunakan yaitu peuyeum, cengkeh, kayu manis, gula putih, santan, serta daun pandan.

  1. Bubur Candil

Bubur Candil juga menjadi salah satu kuliner yang cocok dinikmati saat cuaca panas. Kuliner ini terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan kuah santan.

Kombinasi rasa gurih dan manis dari gula merah, kemudian ditambahkan es batu bisa menjadi cara melepas dahaga yang patut dicoba.

Namun, bubur candil juga bisa dinikmati dalam kondisi hangat untuk yang tidak suka dengan makanan dingin.

  1. Rogan Soup

Rogan Soup menjadi salah satu kuliner khas Jawa Barat tepatnya dari daerah Cianjur. Kuliner satu ini memiliki cita rasa gurih dan manis yang menggugah selera.

Tak jarang Rogan Soup kerap menjadi oleh-oleh unik dari Cianjur. Tak hanya nikmat disantap dalam keadaan hangat, rogan soup khas Cianjur ini juga lezat dinikmati dalam keadaan dingin sehingga cocok untuk penyegar di tengah cuaca panas.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COMĀ – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...