Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Medali Emas di Asian Games 2022, Rahmat Erwin Pecahkan Rekor Dunia

Lifter Indonesia, Rahmat Erin Abdullah tak mampu menyembunyikan rasa bahagianya selepas menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games 2022.

Keberhasilan ini, diperoleh Rahmat ketika tampil pada cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas 73 kg putra Asian Games 2022 di Xiaoshan Sports Centre Gymansium, Hangzhou, China pada Selasa (3/10/2023).

Medali emas didapat Lifter berusia 22 tahun ini usai menorehkan angkatan terbaik dengan total seberat 359kg (snatch 158kg dan clean and jerk 201kg).

Torehan tersebut membuat Rahmat sukses mempertajam rekor dunia untuk angkatan clean and jerk yang saat ini menjadi 201kg.

Sebelumnya, rekor dunia untuk angkatan tersebut juga telah dibukukan Rahmat saat tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmat menorehkan rekor angkatan clean and jerk seberat 200kg.

Tidak hanya rekor dunia, Erwin juga memecahkan rekor Asia untuk Total Angkatan seberat 359kg.

Rahmat sendiri unggul delapan kg dalam total angkatannya atas lifter Thailand Weeraphon Wichuma yang mendapatkan medali perak.

Sedangkan untuk medali perunggu didapat lifter asal Korea Utara Oh Kum Thaek dengan total angkana snatch dan clean and jerk 344kg.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Usai berlaga, Rahmat merasakan adanya sensasi yang menarik dalam kompetisi tersebut.

“Ini merupakan kompetisi yang menarik seperti yang saya perkirakan,” kata Rahmat.

Dalam kesempatan yang sama, Rahmat juga mengutarakan keberaniannya dalam menambah jumlah total angkatan agar tetap unggul atas lawan.

“Tadi setelah angkatan kedua seberat 196kg berhasil saya angkat,” kata Rahmat menjelaskan.

“Saya pikir untuk mengungguli lawan saya harus menambah beban seberat lima kilogram lagi agar tetap unggul.”

“Ternyata berhasil dan Alhamdulillah bisa memecahkan rekor dunia atas nama saya sendiri,” tuturnya menambahkan.

Keberhasilan Rahmat tersebut juga membuatnya mengunggul wakil tuan rumah China Wei Yinting.

Wei yang merupakan peraih medali emas pada Kejuaraan Angkat Besi Asia 2023 bulan Mei lalu gagal mempersembahkan yang terbaik.

Dia hanya berhasil melakukan angkatan snatch seberat 161kg di percobaan terakhir, sedangkan untuk clean and jerk dia gagal total.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...