Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Brimingham City Resmi Tunjuk Wayne Rooney Jadi Pelatih

Birmingham City resmi menunjuk Wayne Rooney sebagai pelatih pada Rabu (11/10/2023) jelang malam WIB. Legenda Manchester United ini akan menjadi musuh Elkan Baggott cs di kubu Ipswich Town dalam persaingan Divisi 2 Liga Inggris.

Mantan pemain timnas Inggris ini menggantikan posisi John Eustace, yang dipecat sehari sebelumnya.

Rooney sendiri sedang tak terikat tim mana pun setelah pecah kongsi dengan klub MLS, DC United, pada Ahad kemarin. Pria berusia 37 tahun ini pulang ke Inggris setelah gagal membawa DC lolos ke play-off MLS 2023.

Kubu Birmingham memulai pembicaraan dengan Rooney hanya beberapa jam setelah pemecatan Eustace terjadi.

Blues mengganti pelatih kendati Eustace baru membawa klub meraih dua kemenangan beruntun.

Mereka duduk di peringkat 6 klasemen Championship Division alias kasta kedua Liga Inggris. Bersama Birmingham City, Rooney meneken kerja sama tiga setengah tahun.

“Saya tentu saja bahagia bergabung dengan Birmingham City Football Club dalam waktu yang menyenangkan,” ujarnya, dikutip dari Sky Sports.

“Saya telah membangun karier manajerial saya, menempatkan diri di lingkungan yang menantang, untuk mempersiapkan diri buat kesempatan ini.”

“Ini adalah proyek yang memberi saya tujuan jelas dan saya tak sabar untuk memulainya,” imbuh kolektor 253 gol dalam 559 penampilan bersama Man United.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di klub juara Piala Liga Inggris 2010-2011 itu, Rooney akan dibantu alumni timnas Inggris, Ashley Cole, dan sesama legenda MU, John O’Shea, di kabinet kepelatihannya.

Dengan bergabung di Birmingham City, Wayne Rooney otomatis akan menjadi rival langsung Elkan Baggott dkk di kubu Ipswich Town dalam persaingan di klasemen Championship musim ini.

Saat ini Ipswich berdiri lebih tinggi pada peringkat kedua. Mereka meraup 28 poin dari 11 pertandingan, tertinggal 2 keping saja dari sang pemuncak, Leicester.

Adapun dengan Birmingham, jarak mereka unggul 10 poin. Tugas pertama Rooney di Blues adalah debut menghadapi Middlesbrough, Sabtu (21/10/2023).

Hal menarik dari duel tersebut adalah Rooney akan terlibat head to head dengan mantan rekan seklubnya yang juga legenda Man United.

Dia adalah Michael Carrick, yang berada di balik kemudi Middlesbrough dan pernah juga menjadi pelatih interim Setan Merah.

Rooney sendiri tidak asing dengan atmosfer kasta bawah Liga Inggris sebagai eks pelatih Derby County. Derby adalah klub pertama yang dia latih sejak banting setir ke dunia racik strategi pada 2020.

Kemudian Rooney terbang ke Amerika Serikat untuk menukangi DC United pada 2022 dan bertahan di sana selama 15 bulan.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...