Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Kapan Smartphone Sudah Harus Diganti? Kenali 5 Tanda Ini

Smartphone merupakan gadget yang hampir dimiliki oleh setiap di zaman sekarang. Hal ini tidak lepas dari fiturnya yang membantu produktivitas penggunanya.

Namun intensitas penggunaan bisa berpengaruh pada berkurangnya masa pakai smartphone. Selain itu, perkembangan teknologi yang cepat pula menyebabkan smartphone yang digunakan bisa terlihat usang.

Berikut sejumlah tanda smartphone yang dimiliki sudah harus diganti dengan yang baru yang dilansir dari cashify.in.

  1. Daya baterai mudah berkurang

Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada smartphone karena berfungsi memberikan tenaga untuk menjalankan berbagai proses komputasi.

Smartphone yang dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan seharian penuh, menandakan daya baterai baik.

Apabila daya baterai mudah sekali berkurang, padahal intensitas penggunaan smartphone tidak terlalu tinggi, maka bisa jadi smartphone yang dimiliki sudah harus diganti dengan yang baru.

  1. Smartphone tiba-tiba mati

Pernah tidak melihat daya baterai masih tersisa 20 sampai 30 persen lalu tiba-tiba mati? Masalah ini juga masih berkaitan dengan poin pertama di atas yakni kualitas baterai yang berkurang.

Selain itu, smartphone yang mati tiba-tiba juga bisa dikarenakan tugas yang terlalu berat sehingga mengalami kesalahan proses.

Jika smartphone sudah sering mengalami mati mendadak, maka harus segera mengganti dengan yang baru.

  1. Performa smartphone lambat

Smartphone sama seperti berbagai gadget lainnya yang akan mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu dan intensitas penggunaan.

Smartphone yang sering mengalami lag dan crash ketika membuka aplikasi atau game, bisa menandakan performa sudah melambat.

Agar produktivitas tidak terhambat, maka memiliki smartphone baru dengan prosesor dan RAM yang lebih baik bisa menjadi pilihan yang tepat.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Produsen tidak menyediakan update security

Setiap smartphone mendapatkan update security dari produsennya. Tujuannya adalah agar smartphone mendapatkan keamanan dan terhindar dari berbagai serangan siber.

Namun update security yang disediakan oleh produsen hanya terbatas pada jangka waktu tertentu bisa dua tahun atau lebih.

Jika smartphone yang dimiliki tidak lagi mendapatkan update security dari produsen, maka menggantinya dengan yang baru menjadi pilihan yang baik. Sebab update security ini sangat penting untuk perlindungan data dan privasi pengguna.

  1. Sistem operasi tidak mendapatkan upgrade versi terbaru

Selain update security, smartphone juga sering mendapatkan upgrade versi sistem operasi baik disediakan produsen ataupun dari pengembang sistem operasi.

Upgrade sistem operasi ini bertujuan memberikan fitur terbaru pada smartphone. Namun, smartphone juga bisa tidak mendapatkan upgrade sistem operasi karena ketidaksesuaian dengan hardware yang sudah usang.

Jika smartphone yang dimiliki tidak lagi mendapatkan upgrade sistem operasi terbaru, maka mengganti dengan yang baru bisa menjadi pertimbangan.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...