Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Mengapa Semangka Jadi Simbol Pro Palestina? Begini Alasannya

Buah semangka jadi simbol solidaritas untuk mendukung Palestina di tengah agresi militer Israel. Saat ini netizen di seluruh dunia menggunakan gambar atau emoji semangka pada setiap unggahannya di media sosial sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.


Mengapa semangka jadi simbol dukungan untuk Palestina? Berikut alasannya.

  1. Warna semangka mirip bendera Palestina

Saat semangka dipotong, maka buah ini akan menunjukkan empat warna berbeda, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Keempat warna ini pun dianggap mirip dengan warna bendera Palestina.

  1. Semangka adalah bagian budaya Palestina

Semangka merupakan buah yang tumbuh subur di Palestina, mulai dari Jenin hingga Gaza. Dilansir dari situs Bonappetit, banyak resep masakan Palestina yang menyertakan buah semangka di dalamnya.

Berbagai variasi jenis salad dengan buah semangka termasuk umum di Palestina. Salah satunya halloumi salad seperti yang tertulis dalam buku resep karya Rawia Bishara, koki Palestina-Amerika sekaligus pendiri restoran Tanoreen di Brooklyn.

Tak hanya salad, ada pula makanan bernama fatet ajer yang cukup populer di Gaza selatan. Hidangan khas ini menyajikam potongan semangka mentah, terong, paprika, dan tomat yang dipanggang dan direbus. Semua bahan tersebut kemudian disajikan di atas roti dengan campuran minyak zaitun.

Dua alasan itulah semangka akhirnya menjadi simbol untuk mendukung Palestina. Simbol semangka ini pun sebenarnya telah digunakan sejak lama seiring dengan konflik Palestina-Israel yang memang sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Menurut laman Time, penggunaan simbol semangka ini dimulai setelah Perang Enam Hari pada 1967 silam, tepatnya setelah Israel menguasai Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur. Saat itu, pemerintah Israel menganggap bahwa pengibaran bendera Palestina di Tepi Barat dan Gaza adalah sebuah tindakan kriminal.

Tak hanya pengibaran bendera, Israel juga melarang siapa pun melukis atau menggambar bendera Palestina. Bahkan, warna-warna yang mewakili bendera negara tersebut juga dilarang.

Lantaran adanya larangan inilah warga Palestina akhirnya menggunakan semangka sebagai simbol identitas mereka. Pasalnya potongan buah tersebut memang mirip dengan bendera nasional mereka.

Sejak 1993, Israel memang mencabut larangan pengibaran bendera Palestina, tapi pihak Israel terus menunjukkan sikap penolakan terhadap bendera maupun segala sesuatu yang menggambarkan Palestina.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Alih-alih menggunakan bendera, sampai saat ini masyarakat dunia masih menggunakan semangka sebagai simbol dukungan pada Palestina demi menghindari sensor atau pemblokiran di media sosial.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...