Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hiburan

Nyanyikan Lagu Komposer AKSI Tanpa Izin, Ahmad Dhani Bakal Somasi EO

Musisi Ahmad Dhani/Net.

Ahmad Dhani, Dewan Penasihat Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI), memberikan pernyataan tegas terkait pelanggaran royalti dalam dunia konser. Founder Dewa 19 tersebut mengancam akan menindak para penyelenggara konser (event organizer/EO) dan pihak sponsor yang dinilai nakal terkait pembayaran royalti kepada komposer atau pencipta lagu.

Dalam konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (22/1/2024), Ahmad Dhani menjelaskan bahwa AKSI akan melakukan somasi kepada EO yang ingin menggunakan lagu-lagu karya komposer yang tergabung dalam asosiasi tersebut. EO diharapkan untuk mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum menggunakan lagu-lagu tersebut dalam konser.

“Jadi nanti para EO harus meminta izin terlebih dahulu jika ingin memakai lagu-lagu karya komposer dan pencipta lagu yang tergabung dalam AKSI,” ucapnya.

Dhani menegaskan bahwa jika somasi tidak diindahkan dan lagu-lagu karya komposer AKSI tetap digunakan tanpa izin, AKSI akan membawa masalah tersebut ke jalur hukum. Ancaman ini mencakup kemungkinan melibatkan pihak kepolisian untuk menangani pelanggaran royalti.

“Ya kalau tidak digubris, kami akan laporkan ke polisi. Kalau perlu, kami akan bawa polisi saat konser berlangsung dan EO dan penyanyinya langsung diringkus di tempat,” tegas Ahmad Dhani.

Dhani juga menanggapi pernyataan dari Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) yang menyatakan bahwa pengurus hak royalti oleh pencipta lagu sendiri dapat dianggap sebagai pelanggaran hukum.

“Perlu dipahami, pernyataan LMKN itu adalah statement hukum yang tak bisa dipertanggungjawabkan keabsahan dan kebenarannya. Jadi mereka tak perlu dianggap sebagai ahli hukum cipta karena memang bukan,” ungkapnya.

Dalam upaya memberdayakan para anggotanya, bersama AKSI, Ahmad Dhani mendorong agar komposer mengurus hak royalti secara mandiri melalui Digital Direct License (DDL).

“Saya tegaskan lagi, pernyataan LMKN itu tak berpengaruh untuk kami!” pungkas Ahmad Dhani.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Revana Khatarina
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...